Diperkirakan Banjir ROB Terjadi Di Wilayah Belawan

oleh -177 views
oleh
banner 750x250
  • Masyarakat dihimbau untuk waspada

Satyabhaktionline – BELAWAN | Diperkirakan akan terjadi banjir rob di wilayah Belawan, masyarakat dihimbau untuk waspada.

Demikian himbauan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir pantai.

Dalam hal ini, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan menginformasikan adanya fenomena (rob) yang terjadi akibat adanya aktivitas pasang air laut maksimum yang diprediksikan berpotensi terjadi pada 06 Oktober 2021 hingga 11 Oktober 2021.

Selain itu, juga diinformasikan, bahwa banjir rob saat ini juga terjadi pada dini hari, sehingga masyarakat yang wilayahnya sering terdampak banjir rob diminta untuk lebih waspada.

Hal tersebut dapat berdampak dengan terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir rob serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

“Kepada masyarakat dan seluruh stakeholder dihibau untuk tetap waspada mengantisipasi kemungkinan terburuk dari banjir rob ini. Mari kita kampayekan lagi dengan mengenal kearifan lokal, mengembalikan fungsi lahan dan tata kelolanya, mengkampayekan kembali penanaman hutan mangrove dan jangan membuang sampah sembarangan, serta terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait untuk penanganan banjir Rob tersebut,” demikian himbauan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan.

Untuk diketahui, banjir pasang di pesisir Belawan lazimnya meredam enam kelurahan di Kecamatan Medan Belawan yakni Belawan Sicanang, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan Satu, Belawan Dua dan Bagan Deli atau bahkan bisa meluas kedaerah lainnya.

Bahkan pada pekan ini, banjir rob akan terjadi agak tinggi dengan ketinggian pasang tertinggi mencapai 2,7 meter pada pukul 00.00 Wib hingga pukul 05.00 Wib. (rel-SBO74/Usman)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Saat untuk percaya, bukan hanya ketika segala sesuatunya tenang.

Saat yang paling penting untuk percaya adalah ketika badai melanda.”

banner 750x250
Bagikan ke :