DPRD Kota Medan Jamin Bantu Warga Miskin Kota Medan Dapatkan Hak ……

oleh -165 views
oleh
banner 750x250
  • DPRD Kota Medan Gelar Sosialisasi Perda Kota Medan Tentang Penanggulangan Kemiskinan

BELAWAN [satyabhaktionline.com] – Guna menanggulangi dan mengentaskan kemiskinan, warga miskin punya hak.

Dalam hal ini, DPRD Kota Medan menjamin akan membantu warga miskin di Kota Medan untuk mendapatkan hak-haknya (warga miskin, red) itu.

Demikian terungkap saat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No.5 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kemiskinan.

Saat itu, Minggu (14/11) di Kecamatan Medan Belawan, pada sosialisasi perda tentang penanggulangan kemiskinan yang kembali di gelar anggota dewan itu, Wakil Ketua DPRD Kota Medan (H.T.Bahrumsyah SH,MH) mengingatkan Pemko agar focus untuk menekan angka kemiskinan di Kota Medan.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Medan itu, untuk memenuhi hak-hak dasar warga negara memelihara fakir miskin dan anak-anak terlantar merupakan tanggung jawab pemerintah.

Untuk itu, ungkap Bahrumsyah, diperlukan upaya-upaya dalam melakukan penanggulangan kemiskinan.

Dalam hal ini, Bahrumsyah memaparkan, perda tentang penanggulangan kemiskinan yang memuat 12 bab 29 pasal tersebut meliputi ruang lingkup identifikasi warga miskin hak dan kewajiban orang miskin serta penyusunan strategi dan program  pelaksanaan dan pengawasan berikut peran serta masyarakat.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kota Medan itu menegaskan, setiap warga miskin mempunyai hak yakni, hak atas kebutuhan pangan, hak atas pelayanan kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan dan berusaha, hak atas modal usaha, hak atas perumahan, hak atas air bersih dan sanitasi yang baik serta hak atas rasa aman dari perlakuan atau ancaman dan tindak kekerasan.

Untuk menjamin hak-hak mereka (warga miskin, red) itu, Wakil Ketua DPRD Kota Medan (Bahrumsyah) itu menegaskan, DPRD Kota Medan akan membantu warga miskin untuk menjamin hak-hak warga miskin, khususnya warga di Kecamatan Medan Belawan yang dalam hal ini merupakan daerah yang diketahui paling banyak warga miskinnya di 6 kelurahan.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Camat Kecamatan Medan Belawan (Subhan Fajri Harahap S, SPT MAP) yang saat itu berkesempatan hadir dalam sosialisasi itu menyampaikan program-program pemerintah, khususnya sosialisasi vaksinasi dan menjaga kebersihan.

Sementara itu, sosialisasi perda itu dihadiri ratusan warga yang diakhiri dengan pemberian cenderamata kepada Perwakilan peserta. (SBO-74)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Apapun yang diajarkan kepada seorang anak, maka hal tersebut akan hidup selamanya di dalam hati anak itu.”

banner 750x250
Bagikan ke :