Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Pemkab Asahan Gelar Berbagai Acara

oleh -1,527 views
oleh
Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Pemkab Asahan Gelar Berbagai Acara
Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Pemkab Asahan Gelar Berbagai Acara. (FOTO : SBO/IST)
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE | ASAHAN –

Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang kini berusia ke-78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan gelar berbagai kegiatan yang dimulai dari Apel Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan hingga upacara penaikan bendera.

Dari hasil pantauan di lapangan, walaupun rintik hujan yang tak kunjung reda, tak menyurutkan semangat seluruh ASN untuk mengikuti rangkaian upacara yang digelar di lingkungan kantor dinasnya masing-masing.

Dalam hal ini, di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan, terpantau upacara tetap dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan yang saat itu dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Buwono Prawana, SIP, M.Si).

Sementara itu, Kamis 17 Agustus 2023 di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran, saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Bupati Asahan (H. Surya, BSc) bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Ketua DPRD Kabupaten Asahan (H. Baharuddin Harahap SH, MH) bertindak Pembaca Teks Proklamasi.

Sementara itu, dibawah Komando Pasukan (Letnan Dua Infantri Ridwan Horasden Sihotang) dari Yonif 126/KC, 45 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/Sederajat yang ada di Kabupaten Asahan, bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Sedangkan untuk Pasukan 17 Pengibaran dikomandoi Parulian Sitorus dari SMA Negeri 1 Kisaran dan Nurul Adha Sihombing dari SMA Negeri 2 Kisaran bertindak sebagai Pembawa Baki.

Selanjutnya, untuk Pasukan 8, dikomandoi Rifqi Juanda Fitra Hasibuan dari Sekolah Mas Al-Wasliyah 49 Pasar Lembu dan M. Agung Darmawan dari SMK Negeri SPP, Asahan bertindak sebagai Penggerek Bendera serta Aldrian Qarindiego dari SMK Negeri 1 Setia Janji bertindak sebagi perentang bendera.

Usai Upacara, untuk melepas peserta defile yang terdiri dari personil TNI dan Polri, Korpri Asahan, Paskibraka, Pramuka, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan, Bupati Asahan bersama Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/Asahan, Danyon 126/KC, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Kajari Asahan, Para Asisten, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua I Bidang Pembinaan Karakater Keluarga TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Persit KCK Cabang XXXV Dim 0208/Asahan, Ketua Bhayangkari Cabang Asahan dan tamu undangan menuju lokasi Upacara Defile di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Depan Rumah Dinas Bupati Asahan,

Selain itu, tidak ketinggalan penampilan marching band dari berbagai sekolah juga turut memeriahkan parade defile dalam rangka HUT RI ke-78 tingkat Kabupaten Asahan.

Disela-sela defile tersebut,  Bupati Asahan menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan momentum Dirgahayu Republik Indonesia Ke- 78 ini dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat untuk dapat terus menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan Bangsa serta mengukir prestasi di berbagai bidang sebagai bentuk penghargaan dan balasan atas pengorbanan para pahlawan dan pendahulu yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Dirgahayu Indonesia, mari kita tetap semangat untuk membangun negeri, khususnya Kabupaten Asahan, agar pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menuju Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter”, pungkas Bupati Asahan itu.***

Penulis : Agustua Panggabean

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Ingat, ketika kita akan berubah, tidak serta merta jalan menjadi mudah.”

banner 750x250
Bagikan ke :