Berikut Sejumlah Negara Yang Tak Punya Hari Kemerdekaan

oleh -256 views
oleh
banner 750x250

Indonesia Kini Merayakan Hari Kemerdekaan Ke-78

SATYA BHAKTI ONLINE | MEDAN –

Untuk memperingati hari di mana negara terbentuk atau merdeka, hampir setiap negara memiliki hari kemerdekaan (National Day atau Independence Day) yang diperingati dan dirayakan secara berbeda-beda, tergantung tradisi di negara masing-masing.

Namun, ada sejumlah negara yang tidak memiliki dan merayakan hari kemerdekaan.

Dalam hal ini, merupakan wujud peringatan dan perayaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 1945 lalu,  kini, Kamis 17 Agustus 2023, Indonesia tengah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Selanjutnya, setiap tahunnya, peringatan HUT RI tersebut menjadi hari libur nasional yang kerap dirayakan masyarakat Indonesia dengan menggelar upacara hingga berbagai perlombaan.

Sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com diketahui, adapun negara-negara yang tidak memiliki dan merayakan hari kemerdekaan itu yakni :

  1. Inggris
    Inggris yang dalam hal ini Negara di Eropa Barat itu diketahui tidak merayakan hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah. Namun, lantaran Inggris sempat menjajah negara-negara tersebut di masa kolonialisme, banyak negara di dunia, terutama Afrika merayakan hari kemerdekaannya.

 

  1. Denmark
    Meski Denmark memperingati Hari Pembebasan (Liberation Day) setiap 5 Mei dan Hari Valdemars setiap 15 Juni, namun tidak satu pun dari hari-hari itu ditetapkan sebagai hari nasional.
    Adapun alasan utama Denmark tak memiliki hari kemerdekaan, lantaran negara Skandinavia itu tidak pernah dijajah oleh negara lain sejak terbentuk lebih dari 1.000 tahun lalu.
    Selain itu, dikutip The Copenhagen Post, Denmark juga tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah seperti Jerman atau Vietnam.

 

  1. Turkey
    Turki juga menjadi salah satu negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah negara lain.
    Walaupu begitu, Turki memperingati Hari Nasional yang disebut Republic Day. Dikutip Britannica, Republic Day merupakan peringatan proklamasi pembentukan Republik Turki pada 29 Oktober 1923 dan pembubaran dinasti Ottoman.

 

  1. Thailand
    Dalam hal ini, Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara asing. Karena itu, Thailand juga tidak memiliki hari kemerdekaan.
    Namun, dikutip The Washington Post, Thailand menjadikan ulang tahun mendiang Raja Bhumibol Adulyadej sebagai Hari Nasional yang kerap diperingati setiap tahunnya setiap 5 Desember.

 

  1. Jepang
    Jepang juga tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah, melainkan menjajah. Beberapa negara yang dijajah Jepang yakni Korea Selatan dan Indonesia pada Perang Dunia II.
    Walaupun begitu, Jepang memiliki perayaan Hari Nasional yakni Hari Pembentukan Nasional setiap 11 Februari yang memperingati pembentukan Jepang oleh Kaisar Jimmu pada tahun 660 sebelum Masehi.

 

  1. Arab Saudi
    Dikutip situs Kementerian Luar Negeri Saudi, negara ini juga tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran Arab Saudi juga tidak pernah dijajah negara lain. Walaupun begitu, untuk merayakan Hari Nasional setiap 23 September, Arab Saudi memperingati pembentukan Kerajaan Saudi oleh Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud.

 

  1. Bhutan
    Bhutan juga menjadi salah satu negara yang tidak merayakan kemerdekaan lantaran tak pernah dijajah atau terpecah. Namun, Buthan merayakan Hari Nasionalnya itu dengan memperingati penobatan raja pertama negara itu, Ugyen Wangchuck, setiap 17 Desember.

Selain ketujuh negara di atas, ada beberapa negara lainnya yang juga tak pernah merayakan hari kemerdekaan, yang kesemuanya itu seperti Inggris, Portugal, Spanyol, dan Prancis lantaran tak pernah dijajah melainkan menjajah negara lain. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Ingat, ketika kita akan berubah, tidak serta merta jalan menjadi mudah.”

 

banner 750x250
Bagikan ke :