Di Gelombang V, Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I Vaksinasi 350 Warga Binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli

oleh -133 views
oleh
banner 750x250

Satyabhaktionline.com – BELAWAN | Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebutuhan vaksin bagi masyarakat dan guna mencapai target program pemerintah, yakni “vaksinasi Covid-19”, Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I kembali menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat.

Kali ini, di gelombang ke-V, bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Kanwil Kum dan HAM Sumut yang membawahi Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Sumut, Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan rumah tahanan (rutan).

Saat itu, Jumat (08/10) di Gedung kunjungan Rutan Kelas I Labuhan Deli, Belawan, dengan melibatkan tenaga kesehatan sebanyak 2 Tim yang dalam hal ini  1 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I dan  1 Tim dari RSAL Komangmakes sebagai vaksinator, sekira 350 warga binaan di rutan tersebut mendapatkan vaksin dosis pertama dari Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I itu.

Adapun kegiatan vaksinasi yang digelar Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I itu, untuk mencapai target program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 dan ke-2 yakni sebanyak 70% yang kesemuanya itu sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia yang bisa tervaksin supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity).

Sementara itu, dalam menggelar serbuan vaksinasi massal itu, TNI AL melalui Tim Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal I menggelar vaksinasi khususnya kepada masyarakat maritim yang berada di wilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan, komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL termasuk di dalamnya Instansi pemerintah dan Kementerian lembaga seperti di Rutan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Hukum dan HAM Sumut yang berlokasi di Belawan.

Atas digelarnya vaksinasi bagi waraga binaan di Rutan Kelas I Labuhan Deli, Kepala kantor wilayah Hukum dan HAM Sumut (Drs.Imam Suyudi, Bc, IP, SH.MH) menghaturkan terima kasih.

Selain itu, Kepala kantor wilayah Hukum dan HAM Sumut itu juga memberikan apresiasi yang setinggi-Tingginya kepada TNI AL Lantamal I atas responsif terhadap kebutuhan Vaksin warga Binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli yang dapat terlaksana saat ini, sehingga hak untuk mendapatkan vaksin bagi warga binaan Rutan Kelas I dapat terpenuhi yang kesemuanya itu diharapkan dapat 100 persen tervaksin.

Sementara itu, Kepala Rutan Labuhan Deli Belawan (Nimrot Sihotang) mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Rutan Kelas I Labuhan Deli tersebut  merupakan bentuk kerjasama dan kepedulian akan kebutuhan vaksin bagi warga binaan di dalam Rutan Kelas I Labuhan Deli.

Pantauan saat digelarnya vaksinasi tersebut, dengan dihadiri Kadispotmar, Karumkit dan Kadiskes serta para pejabat Teknis dan Struktural Rutan Kelas I Labuhan Deli, Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan (Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono) yang diwakili Aspotmar, Paban Komsos Spotmar Lantamal I dan Kepala kantor wilayah Hukum dan HAM Sumatera Utara (Drs.Imam Suyudi, Bc, IP, SH.MH) serta Kepala Rutan Labuhan Deli Belawan (Nimrot Sihotang berkesempatan meninjau kegiatan vaksinasi massal bagi warga binaan di dalam Rutan Kelas I Labuhan Deli.

Untuk diketahui, usai divaksin, warga binaan dihimbau menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19.

Selain itu,  warga binaan diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol. (rel/SBO-74/Usman)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Biarkan Tuhan membimbing jalan hidup kita.”

banner 750x250
Bagikan ke :