Sepekan Perang Dengan Narkoba, Polres Humbahas Berhasil Ringkus 11 Terduga Pelaku Kejahatan Narkotika

oleh -117 views
oleh
Sepekan Perang Dengan Narkoba, Polres Humbahas Berhasil Ringkus 11 Terduga Pelaku Kejahatan Narkotika
Sepekan Perang Dengan Narkoba, Polres Humbahas Berhasil Ringkus 11 Terduga Pelaku Kejahatan Narkotika
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – HUMBANGHASUNDUTAN |

Tunjukkan taringnya membasmi kejahatan narkotika, Polres Jajaran Polda Sumut yang dalam hal ini para personil Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres setempat patut diacungi jempol.

Terkait itu, dalam waktu sepekan (seminggu, red)Polres Humbanghasundutan (Humbahas) yang dipimpin Kapolres Humbahas (AKBP Hary Ardianto, SH, SIK, MH) meringkus 11 terduga pelaku kejahatan narkoba yang terdiri 7 pria dan 4 wanita dari tempat yang berbeda yang selanjutnya digelandang ke Mako Satres Narkoba Polres Humbahas untuk diproses hukum.

Dalam hal ini, Kapolres Humbahas melalui Kasat Narkoba (AKP Syamsul Bahri) menuturkan, pelaku pertama yang diamankan adalah seorang wanita berinisial AG usai di test urine yang hasilnya positif mengkonsumsi narkoba.

AG, yang diketahui bekerja di sebuah cafe di Desa Sosorgonting, ditangkap Selasa 12 September 2023 saat personil Polres Humbahas menggelar razia gabungan dan melakukan sweeping terhadap tempat hiburan malam yang bertempat di Simpang Bakara Desa Sosor Gonting Kec. Doloksanggul.

Saat di lakukan interogasi, AG mengakui telah mengkonsumsi narkotika jenis sabu pada hari Selasa 12/9/ 2023 pukul 18.30 wib di sebuah kamar yang berada di tempat hiburan malam tersebut bersama 2 teman laki-lakinya yang berinisial F dan S.

Selanjutnya, AG langsung diamankan dan digelandang  Tim gabungan yaitu personil Satres Narkoba ke Mapolres Humbang Hasundutan.

Namun, AKP Syamsul Bahri menuturkan, Jumat 15 September 2023, AG telah di serahkan kepada Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahguna Narkotika Bhayangkara Indonesia untuk dilakukan rehabilitasi.

Kemudian, tutur AKP Syamsul Bahri, dirinya selaku Kasat Narkoba Polres Humbahas kembali “perang” menumpas kejahatan narkotika.

Dalam hal ini, merupakan hasil pengembangan dari kegiatan razia tempat hiburan malam. Kasat Narkoba Polres Humbahas itu menuturkan, Kamis 14 September 2023 sekira pukul 05.40 WIB, timnya berhasil menangkap 2 wanita dari sebuah kamar hotel di Jalan Pemuda, Desa Bonanionan, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas.

Adapun kedua wanita tersebut berinisial ER (21) warga Riau yang berdomisili di Jalan Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput) dan KS (20) warga Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang juga berdomisili di Jalan Silangit, Siborong-borong, Taput.

Dari hasil penggeledahan kamar hotel yang dihuni 2 wanita itu, ditemukan barang bukti sebanyak 1,31 gram narkotika jenis sabu.

Selain itu, personil Satres Narkoba Polres Humbahas juga mengamankan 1 buah alat hisap sabu (bong) yang terdiri dari cup air mineral OH5, pipet plastik bengkok dan kaca pirex, 2 mancis, 1 gulungan kertas timah rokok serta 2 unit handphone.

Sementara itu, dihari yang sama yakni Kamis 14 September 2023, di salah satu pemberhentian bus, antar koda dalam provinsi, personil Satres Narkoba Polres Humbahas kembali mengamankan 1 pria berinisial GP (28) warga Medan Labuhan, Kota Medan.

Adapun penangkapan GP itu, berdasarkan informasi masyarakat yang curiga terhadap salah seorang penumpang bus.

Saat itu, GP berjalan kebelakang warung dan meletakkan salah satu benda yang diselipkan di bunga.

Dari tangan tersangka diamankan sabu 1.59 gram.

Tidak samapai disitu saja, genderang perang terhadap kejahatan narkoba  masih terus berlanjut.

Kali ini, berawal dari informasi masyarakat, personil Satres Narkoba Polres Humbahas kembali menciduk 5 pria terduga pelaku kejahatan narkobayang diketahui berinisial JA, RI, AL, NL dan NL.

Saat itu, Sabtu 16 September 2023 sekira pukul 22. 35 WIB, ke-5  pria terduga pelaku kejahatan narkoba yang diketahui masyarakat Kabupaten Taput itu ditangkap di Desa Nagasaribu IV, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, tepatnya di SPBU Ngasaribu.

Adapun penangkapan atas ke-5 pria terduga pelaku kejahatan narkoba itu, berawal dari tertangkapnya JA dan RI yang kedapatan menyimpan narkotika jenis shabu seberat 2.86 gram.

Selain itu, polisi menemukan dan menyita barang bukti yakni, 1 paket plastik kecil Klip Merah berisikan diduga narkotika jenis Shabu dengan berat kotor (bruto) 1,31 gram, 1 lembar kertas berisi narkotika jenis ganja dengan berat kotor (bruto) 1,55 gram, 1 buah kotak rokok gudang garam, 1 buah kaca pirex, 1 unit sepeda motor merek beat dengan nomor polisi 6909 BJ, 1 unit handphone (HP) merek Realme warna hitam, 1 unit HP merek Realme warna hijau toska, 1 unit HP merek vivo warna biru toska, 1 unit HP merek vivo warna biru metalik

Sementara itu, Senin 18 September 2023 pagi, Satres Narkoba Polres Humbahas kembali mengamankan 2 terduga pelaku kejahatan narkoba yakni 1pria berinisial RC dan 1 wanita berinisial KO di salah satu hotel di Sirisi-Risi, Jalan Doloksanggul–Sidikalang.

Adapun penangkapan atas diri ke-2 terduga pelaku kejahatan narkotika itu berdasarkan hasi pengembangan informasi.

Saat di interogasi ke 2 pelaku mengaku baru saja mengkonsumsi narkotika jenis sabu.

Dari ke 2 pelaku yang baru di amankan tersebut di sita barang bukti berupa 1 botol alat hisap dan mancis, 1 potongan pipet yang diduga berisi sisa serbuk Sabu, dan 2 buah timbangan digital.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para tersangka kini diproses lebih lanjut di Polres Humbahas.

“Untuk tersangka AG telah kita kirim ke Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahguna Narkotika Bhayangkara Indonesia, dan 10 orang lainnya masih diproses secara intensif,” pungkas AKP Syamsul Bahri.

Adapun tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman dipidana dengan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Janganlah pernah menyerah ketika kamu masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai kamu berhenti mencoba.”

banner 750x250
Bagikan ke :