,

Positif Konsumsi Narkoba Saat Mengemudi, Sopir Truk Tewaskan 6 Orang Di Simalungun

oleh -216 views
oleh
Positif Konsumsi Narkoba Saat Mengemudi, Sopir Truk Tewaskan 6 Orang Di Simalungun
banner 750x250
  • Kronologi Lakalantas yang Tewaskan 6 Orang di Simalungun

SATYA BHAKTI | MEDAN

Dari pemeriksaan terhadap sopir truk atas kecelakaan maut yang terjadi Rabu 24 Januari 2024, siang di Simalungun itu, ternyata positif mengomsumsi narkoba saat mengemudi (berkendara).

Demikian ungkap Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi), Jumat 26 Januari 2024 yang dalam hal ini menegaskan, selain sopir truk, Polda Sumut juga akan meminta pertanggungjawaban dari pihak perusahaan angkutan yang mempekerjakan sopir truk sebagai bentuk penegakan hukum.

Terkait kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di Jalan lintas Siantar Simalungun Km.24-25 tepatnya di Dusun Bulu Pange, Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara itu, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi) menuturkan, Direktorat  Lalu Lintas Polda Sumut masih melakukan penyelidikan kecelakaan lalu lintas yang merenggut enam nyawa dan empat orang lainnya terluka ringan itu.

Atas kasus lakalantas yang dinilai karena rem blong dari truk yang menabrak beberapa kendaraan itu, Kapolda Sumut mengungkapkan, sopir truk tronton Mitsubishi Fuso BK 9957 CE yang dikemudikan Dedi Setiadi telah ditetapkan tersangka.

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap sopir truk tronton Mitsubishi Fuso BK 9957 CE itu, Kapolda Sumut kembali mengungkapkan, ternyata sopir truk tersebut yakni Dedi Setiadi positif mengomsumsi narkoba saat mengemudi (berkendara).

Dalam hal ini, kepada seluruh pengemudi, Kapolda Sumut menegaskan, pengemudi tidak boleh membawa kendaraan dalam kondisi mabuk maupun menggunakan narkoba karena akan berdampak terhadap refleks seorang pengemudi saat membawa kendaraannya.

“Ini penting saya tegaskan dan sampaikan kepada masyarakat, asosiasi pengemudi, serta penyelenggara angkutan untuk memastikan pengemudi tidak dalam keadaan mabuk, apalagi memakai narkoba,” ungkap Perwira Tinggi Polisi berpangkat Bintang Dua itu.

 

  • Kronologi Lakalantas yang Tewaskan 6 Orang di Simalungun

Untuk diketahui, kecelakaan maut yang terjadi Rabu 24 Januari 2024 di Jalan umum Km. 24-25 arah Pematangsiantar-Pematang Raya, tepatnya di Dusun Bulu Pange, Kecamatan Raya itu diduga karena truk bermuatan galon mengalami rem blong.

Sebelum kecelakaan terjadi, truk yang dikemudikan Dedi Setiadi itu melaju dari arah Pematang Raya menuju arah Kota Pematangsiantar.

Setibanya di lokasi, truk tersebut mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan yang ada di depannya.

Truk baru berhenti, usai menabrak mobil Toyota Rush yang datang dari arah berlawanan.

Atas kejadian itu, lima orang tewas di lokasi dan satu korban lain meninggal saat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Selain itu, diketahui disekitar lokasi, empat orang korban lainnya menderita luka-luka.

Adapun korban yang meninggal dunia itu diketahui adalah penumpang Toyota Rush BK 1391 WZ bernama Sri Welfeni Purba (56), Elvine Simanjuntak (55), Surti (28), Rosemian Gultom (55), dan Sri Juni Eva Saragih (52).

Sedangkan satu korban lainnya yang meninggal dunia adalah penumpang mobil pik-up Mitsubishi L300 BK 8060 TQ bernama Hari Pardede (24).

Sementara itu, dinilai menjadi pemicu kecelakaan beruntun itu,  Dedi Setiadi yang dalam hal ini sopir truk bermuatan galon, ditetapkan menjadi tersangka atas tragedi kecelakaan maut itu.

Selanjutnya, dari hasil tes urine yang dilakukan, Dedi Setiadi dinyatakan positif mengonsumsi sabu-sabu.

Selain itu, kepada petugas, Dedi Setiadi mengaku, dirinya memang mengonsumsi barang haram itu empat hari sebelum kejadian.

Atas kasus lakalantas itu, dengan status tersangka, Dedi Setiadi ditahan di Polres Simalungun dan dijerat Pasal 310 Ayat 1,2,3 dan 4, Pasal 106 Ayat 1 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta terancam hukuman enam tahun penjara. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

Bersiaplah dalam kesunyian dan biarkan kesuksesan yang membuat hidupmu menjadi bising.

banner 750x250
Bagikan ke :