Diduga Memperkaya Diri Dengan Menyalahgunaan Jabatan, Kades Tebing Linggahara Di Laporkan Warganya

oleh -764 views
oleh
Diduga Memperkaya Diri Dengan Menyalahgunaan Jabatan, Kades Tebing Linggahara Di Laporkan Warganya
Diduga Memperkaya Diri Dengan Menyalahgunaan Jabatan, Kades Tebing Linggahara Di Laporkan Warganya
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE | LABUHANBATU – Diduga memperkaya diri dengan menyalahgunaan jabatan, Kepala Desa (Kades)  dan pejabat sementara (Pjs) Kades Tebing Linggahara di laporkan warganya.

Demikian terungkap dalam surat yang di layangkan Arsad Dalimunthe, kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuhanbatu tertanggal 8 Mei 2024.

Menurut Arsad Dalimunthe, laporan pengaduaannya yang dalam hal ini berupa pengaduan masyarakat (dumas) itu, ditembuskan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), Kapolda Sumut, Kapolres Labuhanbatu, Inspektorat Pemkab Labuhanbatu, Kadis PMD Kabupaten Labuhanbatu dan Camat Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam hal ini, selaku warga yang tinggal di Dusun Parlaisan, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Arsad Dalimunthe menduga banyaknya kejanggalan-kejanggalan dalam pengelolaan keuangan yang dikelola Kades Tebing Linggahara (Soleh Huddin Ritonga) dan Pjs. Kades Tebing Linggahara (Nurhamidah).

Adapun dugaan kejanggalan-kejanggalan itu, ungkap Arsad Dalimunthe dapat dilihat dari :

  1. Banyaknya warga masyarakat Desa yang dimintai datanya bahkan berulang kali untuk kepentingan Bedah Rumah sejak tahun 2018 hingga tahun 2024 ini belum juga terealisasi. Padahal, Kepala Dusun (Kadus) Parlaisan (Abdullah Munthe) sudah menginformasikan bahwa warga yang sudah di mintai datanya untuk kepentingan bedah rumah di tahun 2019 akan direalisasikan. Ironisnya, hingga 2024 ini, Bedah Rumah tersebut belum terealisasi.
  2. Penyediaan Mobil Ambulance Desa. Dalam hal ini, sepengetahuan warga Desa Tebing Linggahara, penyediaan mobil ambulance desa itu merupakan Program Pemerintah Tahun 2019. Namun, Soleh Huddin Ritonga selaku Kades Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu mengadakan melaksanakan penyediaan mobil ambulance desa itu di akhir 2023.
  3. Tidak adanya perhatian pemerintah setempat terhadap pelaku usaha UMKM.
  4. Bangunan Desa disamping Mesjid Dusun Hatinar A yang tidak memiliki Papan Plank Pekerjaan dan tidak jelas sumber dananya darimana. Dalam hal ini, warga menilai bangunan desa tersebut adalah proyek/pekerjaan siluman.
  5. Usaha BUMDES yang sejak 2017 sudah mangkrak. Herannya, informasinya, ada penyertaan modal BUMDES senilai Rp. 30.000.000 di data penarikan dana Desa Tebing Linggahara tahap 1 Tahun Anggaran (TA) 2023. Ironisnya, kegiatan usaha BUMDES yang sudah mendapatkan dan penyertaan itu, tidak ada.
  6. Honor perangkat keagamaan (Bilal Mayit dan Guru Mengaji) yang sudah beberapa tahun ini tidak pernah ada disalurkan. Padahal di desa-desa lain, honor Bilal Mayit dan Guru Mengaji itu tetap disalurkan hingga saat ini tahun 2024.
  7. Anggaran Dana Desa TA 2023 Tahap I senilai 39.287.637 untuk Dana Pemeliharaan fasilitas jamban umum (Rehab MCK Umum) di Desa Tebing Linggahara. Padahal, MCK Umum di Desa Tebing Linggahara, tidak pernah ada.
  8. Penyaluran bantuan tidak tepat sasaran.
  9. Penindasan yang kerap terjadi terhadap sekelompok golongan masyarakat tertentu yang terjadi di Desa Tebing Linggahara.
  10. Pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 400 meter di Dusun Parlaisan yang hingga kini (2024, red), belum terealisasi. Padahal, sekira Juni 2023 lalu, Kadus Parlaisan (Abdullah Munthe) mengungkapkan, jalan produksi pertanian sepanjang 400 meter di Dusun Parlaisan itu akan dibangun pada 2023 dengan dana dari APBDes Tebing Linggahara.
  11. Dana hampang pada 2023 senilai Rp.80 juta untuk pembelian kambing, diduga disalhgunakan.

Atas dasar itu, kepada aparat penegak hukum, Arsad Dalimunthe meminta untuk memamanggil dan memerika Kades Tebing Linggahara (Soleh Huddin Ritonga) dan Pjs. Kades Tebing Linggahara (Nurhamidah) serta para oknum yang terlibat. (SBO-08/red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Pola pemikiran yang negatif, bisa menggerogoti, seperti penyakit kanker. Potonglah kanker itu dengan cara berpiran yang positif.”

banner 750x250
Bagikan ke :