Mewakili Desa Di Kecamatan Tanjung Morawa, Desa Sei Merah Bertarung Untuk Menjadi Desa Terbaik Se-Kabupaten Deli Serdang Melalui EPDesKel

oleh -408 views
oleh
Mewakili Desa Di Kecamatan Tanjung Morawa, Desa Sei Merah Bertarung Dalam EPDesKel Untuk Menjadi Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Deli Serdang
Mewakili Desa Di Kecamatan Tanjung Morawa, Desa Sei Merah Bertarung Dalam EPDesKel Untuk Menjadi Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Deli Serdang
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – TANJUNG MORAWA (DELI SERDANG) –  Setelah mendapat nilai tertinggi pada perlombaan desa/kelurahan terbaik tingkat Kecamatan, Desa Sei Merah kembali bertarung mewakili desa yang ada di Kecamatan Tanjung Morawa dalam perlombaan untuk menjadi desa terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang.

Adapun untuk menjadi desa/kelurahan terbaik, Tim Penilai melakukan evaluasi yakni, Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDesKel) kepada seluruh peserta perlombaan desa/kelurahan terbaik itu.

Saat itu, Jumat 17 Mei 2024, untuk mendapatkan desa/kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang 2024, Tim penilai yang dalam hal ini Tim EPDesKel dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan penilaian kepada salah satu peserta lomba desa/kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang, yakni Desa Sei Merah.

Dalam hal ini, kepada SATYA BHAKTI ONLINE usai melakukan EPDesKel di Kantor Desa Sei Merah, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, salah seorang dari Tim Evaluasi bermarga Sinuraya mengungkapkan, Tim EPDesKel adalah kelompok kerja yang melaksanakan evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan berdasarkan instrumen pada wilayah kerja yang telah ditentukan.

Sedangkan EPDesKel, ungkap Sinuraya lagi, adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan.

Terkait penilaian lomba desa dan kelurahan, Sinuraya mengungkapkan, yang dievaluasi/dinilai adalah perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang cepat berkembang.

Adapun para pesarta yang ikut dalam lomba desa/kelurahan terbaik tingkat Kabupaten Deli Serdang 2024 itu, Sinuraya menuturkan, diikuti 22 desa yang dalam ini 1 desa mewakili desa-desa di Kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

Sementara itu, Kades Sei Merah (Supryansah) mengungkapkan, perlombaan desa dan kelurahan terbaik ini, baru pertama kali diikuti Desa Sei Merah.

Terkait lomba desa/kelurahan tingkat Kecamatan Tanjung Morawa, Kades Sei Merah itu kembali mengungkapkan, dari tiga desa yakni, Desa Sei Merah, Desa Bangun Rejo dan Desa Tanjung Baru yang memperoleh predikat desa terbaik, Desa Sei Merah memperoleh predikat pertama desa terbaik dengan nilai 495.

Sedangkan Desa Bangun Rejo memperoleh predikat ke-2 desa terbaik dengan nilai 490 dan Desa Tanjung Baru memperoleh predikat ke-3 desa terbaik dengan nilai 485.

Selanjutnya, Kades Sei Merah itu menambahkan, pelaksanaan EPDesKel itu didasari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.81 Tahun 2015 tentang EPDesKel.

Adapun tema pelaksanaan lomba desa/kelurahaan pada tahun 2024 itu yakni, “Wujudkan Masyarakat Sejahtera melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang berkualitas”, pungkas Kades Sei Merah itu.

Sementara itu, pantauan saat palaksanaan EPDesKel itu, dihadiri :

  1. Camat Tanjung Morawa yang diwakili Sekcam Tanjung Morawa.
  2. Ketua dan anggota TP PKK Kecamatan Tanjung Morawa.
  3. Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Tanjung Morawa.
  4. Kades Sei Merah (Supryansah).
  5. Ketua dan anggota TP PKK Desa Sei Merah.
  6. Sekdes, para Kasi, para Kaur dan Operator Desa Sei Merah.
  7. Ketua dan para anggota LPM Desa Sei Merah.
  8. Ketua dan para anggota BPD Sei Merah.
  9. Pengurus BUMDes Sei Merah.
  10. Personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sei Merah dan perwakilan dari tokoh masyarakat. (SBO-02)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

Renungan :

“Setiap orang punya potensi, hanya saja harus dicari.”

banner 750x250
Bagikan ke :