Sambut HLUN, Pemko Tebing Tinggi Gelar Vaksinasi Lansia

oleh -160 views
oleh
banner 750x250

Walikota Tebing Tinggi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia

SATYA BHAKTI ONLINE – TEBING TINGGI | Sambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)yang jatuh pada 29 Mei, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi menggelar vaksinasi massal kepada masyarakat lanjut usia (lansia) secara gratis.

Saat itu, Kamis (27/5) di GOR Asber Nasution, Jalan Gunung Leuser, Walikota Tebing Tinggi (Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M) bersama Kapolres Tebing Tinggi (AKBP Agus Sugiyarso, S.IK), Kadis Kesehatan (dr. Nanang Fitra Aulia, Sp.Pk), Kadis Kominfo (Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si) serta Kepala BPBD (Wahid Sitorus) berkesempatan meninjau langsung proses suntik vaksinasi massal Covid-19 terhadap masyarakat Kota Tebing Tinggi yang lansia.

Adapun vaksinasi itu, digelar Pemerintah Kota Tebing bersama TNI/Polri dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 yang hingga kini belum putus.

 

Dalam hal ini, Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan memberikan apresiasi kepada Kapolda Sumatera Utara dan Kapolres Tebing Tinggi yang telah bersungguh-sungguh bekerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi dalam melaksanakan vaksinasi massal lansia yang dilaksanakan secara gratis.

Terkait vaksinasi itu, Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan mengungkapkan vaksinasi itu tidak bayar alias gratis.

“Kalau ada arisan atau perkumpulan bisa melakukan vaksinasi dengan berbayar, itu tak benar, karena vaksin dari pemerintah gratis untuk masyarakat,” tegas Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan.

Apabila nantinya petugas menyatakan belum bisa divaksin, Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan kembali menegaskan, jangan paksakan tim medis, karena mungkin tensi, denyut jantung terlalu tinggi sehingga perlu observasi lebih lanjut.

Selain itu, ungkap Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan lagi, apabila ada penyakit agar disampaikan dan selanjutnya pada 28 hari kemudian, bagi yang sudah divaksin, jangan lupa untuk di vaksin ke-2.

“Vaksinasi ini khusus untuk warga Kota Tebing Tinggi dan kalau ada gangguan selama proses vaksin ini berjalan dalam tempo 3 hari, laporkan ke Puskesmas terdekat atau RS. Kumpulan Pane, RS. Bhayangkari atau RS. Sri Pamela dan kami (Pemko Tebing Tinggi, red) akan memantau terus dari pada kesehatan Bapak dan Ibu sekalian,” tegas Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan.

Diakhir pernyataannya itu, Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan menghimbau meski agar tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Jangan dibuka masker. Protokol kesehatan tetap jaga. Ini adalah upaya kita untuk memutus virus Corona. Berdoa kita kepada Allah SWT semoga ini lancar, terhindar dari Covid-19,” pungkas Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK menyampaikan, Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi tetap memantau kondisi lansia pasca vaksinasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Menurut dr. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK,  vaksin ke-2 akan dilakukan pada 28 hari setelah vaksin pertama.

“Semoga Kota Tebing Tinggi terbebas dari Covid-19 dan kami berterimakasih kepada lansia Kota Tebing Tinggi yang partisipannya cukup tinggi,” pungkas Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK.

Selanjutnya, mewakili Kapolda Sumut, hal senada juga disampaikan Kapolres AKBP. Agus Sugiyarso, SIK yang dalam hal ini menegaskan agar tetap menjaga protokol kesehatan dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan agar dikoordinasikan dengan baik.

“Tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, tertib menjaga jarak dan hindari kerumunan. Kami petugas dari Kepolisian siap membantu dalam hal pelaksanaan”, pungkas Kapolres AKBP. Agus Sugiyarso, SIK.

Untuk diketahui, vaksinasi lansia itu dilakukan dengan target 1.000 orang lansia se-Kota Tebing Tinggi.

Adapun pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi lansia itu, di gelar untuk masyarakat lansia di Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kecamatan Padang Hulu dan Kecamatan Bajenis.

Selanjutnya, Jumat (28/5), pelaksanaan vaksinasi lansia itu digelar di Kecamatan Padang Hilir dan Kecamatan Rambutan. (rel/SBO-33/YF)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

RENUNGAN :
"Tuhan mengabaikan dan memaafkan sifat-sifat negatif kita. 
Seharusnya kita juga sepeti itu kepada orang lain."

banner 750x250
Bagikan ke :