Lakukan Tugas Pengawasan, Polair Polres Tanjung Balai Gelar Patroli Perairan dan Polmas

oleh -229 views
oleh
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – TANJUNG BALAI | Untuk melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang  diduga membawa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, barang ilegal atau barang yang dilarang keluar/masuk melalui perairan Tanjung Balai, Sat Polair Polres Tanjung Balai Polda Sumut melaksanakan tugas Patroli Perairan di wilayah perairan Tanjung Balai Asahan dan lego jangkar di koordinat : N : 2º 59′ 14.9892″ E  : 99º 51′ 46.0872″.

Saat itu, Kamis (8/4/21), dengan menggunakan Kapal Patroli KP.II-Bhabinkamtibmas yang diawaki Team Regu IV, Bripka Acep H. S dan Bripka AH. Saragih melakukan 1 giat Polmas Perairan yakni dengan Public Speaking berupa  keselamatan berlayar masyarakat.

Dalam hal ini, awak kapal nelayan diminta agar terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, APAR dan kotak P3K.

Selanjutnya, Team Regu IV personil Sat Polair Polres Tanjung Balai mengajak masyarakat awak kapal nelayan menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi yang sifatnya melakukan pelanggarn dan perlu dilakukan penindakan hukum.

Selain itu, saat giat Patroli Peraran lainya juga, Team Regu IV Sat Polair Polres Tanjung Balai melakukan sosialisasi adaptasi kebiasan baru tentang pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) kepada masyarakat awak kapal nelayan Kota Tanjung Balai.

Terkait itu, kepada wartawan, Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH menjelaskan, Patroli Perairan dilakukan agar masyarakat tetap mentaati himbauan Pemerintah tentang Protokoler Kesehatan, seperti 5M yakni  Memakai Masker yang benar, Menjaga Jarak 1,5 meter dari sesamanya, Mencuci tangan menggunakan Sabun dengan Air bersih yang mengalir, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi mobilitas serta Menerapkan Pola makanan sehat dan istirahat yang teratur.

Selain itu, Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira menuturkan, Team Regu IV Sat Polair juga melakukan giat pemeriksan setelah KP II-Bhabinkamtibmas yang diawaki, Bripka Acep dan Bripka AH Saragih melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari arah laut menuju Tanjung Balai diposisi/koordinat : N  2° 59′ 14.7768″ E  99° 52′ 2.7444″ yang akhirnya kapal tersebut dapat dihentikan. “

“Sebelum melakukan pemeriksaan kapal,  petugas patroli melakukan pemeriksaan suhu tubuh awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan,” ujar AKBP Putu Yudha.

Dari hasil pemeriksaan,  Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira mengungkapkan, adapun nama kapal tersebut adalah KM.DEWERLIN GT.5 No.17/SUT.17 yang dinakhodai Ahmad dan datang dari laut tujuan Tanjung Balai.

Saat dilakukan pemeriksaan, ungkap Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira, dokumen kapal lengkap dan selanjutnya kepada nakhoda dan 5 Anak Buah Kapal (ABK) diberikan peringatan dan himbauan untuk menjaga keselamatan berlayar.

Saat itu, ungkap Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira lagi, kapal tersebut bermuatan fiber berisikan ikan dan tidak ada ditemukan barang-barang yg ilegal atau yang melanggar hukum.

“Hingga kini, situasi kamtibmas di wilayah hukum perairan kota Tanjung Balai masih aman dan kondusif,” pungkas Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira. (red)

Editor/’Publish : Antonius Sitanggang

banner 750x250
Bagikan ke :