Kepala Sekolah Adalah Tokoh Sentral Peningkatan Kualitas Pendidikan

oleh -421 views
oleh
banner 750x250

Satya Bhakti Online – Berastagi | Kepala sekolah merupakan tokoh sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam hal ini, keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan di lembaga yang dipimpinnya, tidak terlepas dari kompetensi dan kemampuan memainkan tugas, peran dan fungsinya sebagai kepala sekolah.

Karena itu, jadilah pemimpin yang amanah dan pahami peran masing-masing serta tetap miliki rasa tanggung jawab besar di sekolah

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah (Kasek) SMA Negeri 1 Berastagi, Alberto Colia, M.Pd, baru-baru ini.

Kepada awak media ini, Alberto Colia menuturkan,  kesuksesan SMA Negeri 1 Berastagi yang telah terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2017, bukan dikarenakan ketangguhan kepala sekolah semata, namun kesemuanya itu tidak terlepas dari kerjasama anatar seluruh guru-guru, staf pegawai yang secara bersinergi menjalankan tugas dibidang masing-masing.

Menurut kasek senior yang akan pensiun itu, SMA Negeri 1 Berastagi yang terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2017 itu, kini siswa/i SMA Negeri 1 Berastagi pada 2021 mencapai 1.186 siswa.

Sedangkan para guru sebanyak 59 orang guru berstatus Aparat Sipil Negara (ASN) dan dibantu 30 orang guru berstatus honor.

Sementara itu, ungkap Alberto Colia lagi, SMA Negeri 1 Berastagi dilengkapi fasilitas Laboratorium komputer, laboratorium  fisika, kimia,  yang memadai.

Terkait melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya sebagai kasek, Alberto Colia mengaku, sejak dipercayakan menjabat Kasek SMA Negeri 1 Berastagi pada 11 tahun lalu, dirinya (Alberto Colia, red) bertekad  harus bisa melanjutkan program dan tugas kepala sekolah sebelumnya.

“Itulah yang disebut dengan kerja cerdas. Saya selalu berharap dapat melakukannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” ungkap Alberto Colia.

Menjadi Kepala Sekolah yang berkualitas, handal, bermutu dan profesional tegas Alberto Colia, harus menghindari aksi lempar tanggung jawab.

Berikan perubahan dan pembaharuan dalam rangka peningkatan kinerja dan mutu pendidikan. Bawalah pendidikan  ke arah yang lebih baik, kondusif, serta berdaya saing dengan kabupaten/kota lain,” pungkas Alberto Colia.

 

Menanggapi itu, masyarakat Berastagi sangat mendukung kinerja Alberto Colia, M.Pd selaku Kasek SMA Negeri 1 Berastagi.

 

Dalam hal ini, beberapa warga mengaku, masyarakat rela melakukan secara swadaya untuk membantu bangunan ruangan kelas.

“Proses yang panjang dan bertahap, SMA Negeri 1 Berastagi dibawah kepemimpinan Alberto Colia, M.Pd selaku Kasek SMA Negeri 1 Berastagi, mampu memberikan perubahan yang sangat pantastis dari sekolah sederhana hingga menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Tanah Karo. (SB20/31-ARS/AK)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

banner 750x250
Bagikan ke :