Meneliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat Tentang Kinerja Polri, Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian Di Polres Pelalawan Dan Jajaran

oleh -413 views
oleh
Meneliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat Tentang Kinerja Polri, Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian Di Polres Pelalawan Dan Jajaran
Meneliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat Tentang Kinerja Polri, Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian Di Polres Pelalawan Dan Jajaran
banner 750x250

Satyabhaktionline.com | PELALAWAN – Guna meneliti tingkat kepercayaan masyarakat tentang kinerja Polri, Tim Puslitbang Polri gelar penelitian di Polres Pelalawan dan jajaran.

Saat itu, Rabu (06/04), didampingi Kabag Strajemen Birorena Polda Riau (AKBP Osva) bersama tim, Wakapolres Pelalawan (Kompol Antoni Lumbantoruan. SH, MH) berkesempatan menyambut kunjungan Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol. Saefuddin Muhamad, SIK bersama tiga anggotanya, yakni Pembina Dwi Irawati, SS, Penata Verawati, SE  dan Penda Tk.I Nailatalmuna N.A.M.Ec.Dev.

Adapun maksud dan tujuan  dari penelitian oleh Puslitbang Polri ke Kesatuan Kewilayahan (Polres Pelalawan dan jajaran, red) itu diketahui untuk memperoleh data dan fakta terkait tingkat kepercayaan masyarakat tentang kinerja Polri yang selanjutnya menganalisis data dan  fakta tersebut.

Selain itu, penelitian Puslitbang Polri juga dimaksudkan dan bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri  di 5  fungsi operasional kepolisian yaitu fungsi Reskrim, intelkam, lantas, binmas dan samapta.

Adapun penelitian itu dilakukan dengan menggunakan Metode MIx Metod yakni perpaduan antara penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan link survey dan penelitian kualitatif dengan melaksanakan kegiatan FGD dan wawancara mendalan dengan para rrsponden baik dari internal maupun eksternal kepolisian.

Dalam hal ini, target responden yang mengisi link survey dari masing masing fungsi minimal 30 responden sehingga target minimal untuk tiap tiap satker polres adalah 150 responden, diluar anggota/ASN di lingkungan Polri.

Khusus untuk Fungsi Reskrim, respondennya adalah responden yang pernah berurusan dengan proses penyidikan, seperti para saksi, korban, tersangka, tahanan dan pengacara.

Sementara itu, Wakapolres Pelalawan (Kompol Antoni Lumbantoruan) juga berkesempatan membuka kegiatan penelitian yang dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Tim Penelitian (Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, SIK) yang dalam hal ini memaparkan maksud dan tujuan serta teknis penelitian yang akan dilaksanakan.

Selanjutnya, kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun Terhadap masing-masing Fungsi Kepolisian yang kesemuanya itu untuk menguatkan fakta-fakta terkait pelaksanaan pelayanan kepolisian kepada masayarakat dengan harapan adanya masukan dan saran yang positif untuk meningkatkan kinerja Polri dalam memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat di kemudian hari.***

Penulis : Syahrudin

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Bersikap sopan tidak memerlukan biaya, namun sangat berharga.”

banner 750x250
Bagikan ke :