Ikut Lomba Marching Band Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, SMAN 1 Dua Koto Raih Juara 1

oleh -353 views
oleh
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE | PASAMAN [SUMATERA BARAT] –

Ikut lomba Marching Band memeriahkan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun 2022, Group Drumb Band/Marching Band SMA Negeri 1 Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumut) raih juara 1.

Terkait itu, melalui pesan WhatsApp (WA), Sabtu 27 Agustus 2022, kepada Satya Bhakti Online, pengasuh (pelatih) Marching Band SMAN 1 Dua Koto (Erwis, SPd, MSi) menuturkan, juara 1 yang diraih SMAN 1 Kecamatan Dua Koto itu merupakan wujud kepedulian Efriedi, SPd, MM selaku Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Kecamatan Dua Koto yang begitu sangat peduli akan kemajuan SMAN 1 Kecamatan Dua Koto yang berlokasi  di Kejorongan Batang Tuhur, Kenagarian Cubadak, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumut, baik itu kemajuan  dibidang pendidikan maupun di bidang kesenian.

Foto : Pelatih/Pengasuh, Erwis,SPd,MSi (tengah) bersama enam mayoret

Menurut Erwis, Marching Band yang dalam hal ini salah satu kegiatan ekstra kokulikuler di SMAN 1 Dua Koto yang sangat menonjol dan menjadi perhatian masyarakat.

Untuk itu, ungkap Erwis, SMAN 1 Dua Koto yang  memiliki peserta sebanyak  85 orang terus dibina sehingga di setiap tahun dalam perhelatan HUT Kemerdekaan RI mendapat juara 1.

Menanggapi menonjolnya Marching Band SMAN 1 Dua Koto yang diasuhnya itu, Erwis menuturkan, setelah tamat dari SMAN 1 Dua Koto, banyak siswa yang melanjutkannya ke jenjang perguruan tinggi dengan mengambil fakultas di bidang seni.

Selain meraih juara Marching Band, Erwis kembali menuturkan, anak asuhnya (Rewus, red) itu juga banyak meraih juara dibidang seni yang lain seperti Solo Song, Desain grafis, Desain Foster dan yang lain lain.

Terkait keberhasilan Marching Band SMAN 1 Dua Koto, Erwis mengungkapkan, sejak 2015 hingga 2018, Marching Band SMAN 1 Dua Koto menjadi juara satu. di tingkat Kecamatan Dua Koto, bahkan di tingkat Kabupaten Pasaman, Propinsi Sumbar.

Namun, untuk ditingkat Kabupaten Pasaman, Propinsi Sumbar, Ewis mengungkapkan, Marching Band SMAN 1 Dua Koto pernah meraih juara dua.

Selanjutnya, ungkap Erwis, dikarenakan adanya wabah Covid-19, kegiatan Marching Band SMAN 1 Dua Koto terhenti selama sekira 3 tahun lamanya.

Namun di 2022, ungkap Erwis, kegiatan Marching Band SMAN 1 Dua Koto bergerak, berkiprah dengan wajah baru.

“Bila sebelumnya Marching Band SMAN 1 Dua Koto diberi nama dengan Drumband SMAN 1 Dua Koto, kini berubah nama menjadi Marching Band “GITA BAHANA” SMA Negeri 1 Dua Koto,” ungkap Erwis.

Alhamdulillah, ungkap Erwis lagi,  dengan lahirnya Marching Band “GITA BAHANA” membawa semangat baru dan tampil lebih baik serta berprestasi.

Bahkan, ungkap Erwis lagi, dalam kegiatan sehari hari, siswa yang berasal dari daerah daerah pelosok, seperti daerah Kampung Mangkumang, Kampung Silang Empat dan Kampung Simpang Duku, malah memiliki skil bermain musik yang luar biasa.

Foto : Ikut Lomba Marching Band Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, SMAN 1 Dua Koto Raih Juara 1

Hal tersebut ungkap Erwis, tercipta karena kepedulian pihak sekolah yang dalam hal ini Kasek SMAN 1 Dua Koto memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan sehingga siswa siswa bisa berkarya lebih kreatif dan luar biasa.

Gebrakan yang luar biasa dari Marching Band “Gita Bahana” itu, Rewis menegaskan, tidak terlepas dari perhatian kakak-kakak seniornya, seperti Harjoko Muslim, Very Alpen, Alpenri, Sahira Debby Julia, Zahra, Vera yang senantiasa berbagi ilmu dengan adik-adik juniornya yang tergabung dalam anggota “Gita Bahana”.

“Walaupun mereka telah terpisah karena kampus dan tempat kuliah yang berbeda, kekompakan setiap anggota tetap terjaga,” ungkap Erwis.

Terkait kunci sukses, Erwis  mengungkapkan, salah satu kunci suksesnya, yakni selalu menjaga  silaturahmi, menjaga kekompakan dalam persaudaraan.

Mengakhiri uraiannya itu, Erwis yang juga merupakan guru bidang seni budaya yang sangat senior di SMAN 1 Dua Koto itu menuturkan, Marching Band “GITA BUANA”  mempunyai motto, “BERSATU DALAM  MELODY, SEIRING  SEIRAMA DALAM BERKARYA.”

“Itulah mungkin yang membuat semangat bagi para anggota Marching Band, pungkas Erwis.

Foto : Salah satu komposisi yang menarik dari Marching Band Gita Bahana SMAN 1 Dua Koto.

Untuk diketahui, selain Marching Band SMA Negeri 1 Kecamatan Dua Koto, Group Drum Band lainnya yang ikut tampil saat perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 itu yakni, Group Drum Band/ Marching Band dari SMKN, MAN, SMPN dan SDN yang pada akhirnya Marching Band SMA Negeri 1 yang kini bernama Marching Band “GITA BUANA” itu meraih juara 1 yang dalam hal ini diniliai memiliki banyak keunggulan yakni:

  1. Menggunakan Field Commander dan 8 orang Mayoret,dan salah satunya selalu ada laki laki.
  2. Musik yang digunakan adalah musik musik terbaru dan musik tradisi daeah setempat.
  3. Barisan yang tetap rapi dan banyak komposisi dari anggota keseluruhan.
  4. Keselarasan perpaduan musik dan gerakkan.
  5. Keseimbangan dan keserasian setiap alat musik yang dimainkan. (***)

Penulis : Eddi Gultom

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

Renungan :

“Pengetahuan adalah koleksi fakta. Sedangkan hikmah mengetahui bagaimana cara menerapkan pengetahuan itu.”

banner 750x250
Bagikan ke :