Pesta Budaya, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Pesta “Oang-Oang”

oleh -326 views
oleh
Pesta Budaya, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Pesta “Oang-Oang”
Pesta Budaya, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Pesta “Oang-Oang”
banner 750x250

KKR oleh Pdt. Gilbert Lumoindong dan Siraman Rohani oleh Ustad KH. TaufiQurahman, S.Q meriahkan Pesta Budaya “Oang-Oang”

SATYA BHAKTI ONLINE | PAKPAK BHARAT –

Bertujuan untuk lebih mengenal secara lebih mendalam tentang Budaya Pakpak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat gelar pesta budaya yakni Pesta “Oang-Oang”.

Dalam sambutannya saat membuka pesta budaya yang dalam hal ini merupakan rangkaian dari Calender Of Event Pariwisata dan menjadi agenda Pariwisata Nasional itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat (Maranatha Padang) menuturkan, digelarnya pesta budaya “Oang-Oang” yang dalam hal ini merupakan agenda rutin tahunan dari Pemerintah Kabupaten Pakpak itu, bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat, budaya dan tradisi suku Pakpak yang sudah ada semenjak dahulu kala sebagai leluhur suku Pakpak khususnya yang mendiami tanah Suak Simsim (Kabupaten Pakpak Bharat).

Adapun pelaksanaan pesta budaya itu, ungkap Maranatha Padang dikemas dengan berbagai jenis kegiatan Kebudayaan Pakpak diantaranya Menggustungken Api, yang bermakna untuk menyatukan tekad dan persepsi dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat menuju Masyarakat Nduma.

Selain itu, ungkap Maranatha Padang lagi, pagelaran pesta budaya itu juga dikemas dengan berbagai jenis perlombaan kebudayaan dan tradisi Pakpak, dimana disetiap bentuk yang ditampilkan tentunya mempunyai nilai dan makna yang mendalam bagi Suku Pakpak.

Mengakhiri sambutannya itu, Maranatha Padang menuturkan, pesta budaya “Oang-Oang” akan digelar selama 3 hari sejak Rabu 26 Juli 2023 hingga Jumat 28 Juli 2023 dengan serangkaian acara yang menjadi hiburan bagi masyarakat.

“Selamat dan sukses dan selamat datang bagi seluruh undangan dan masyarakat dalam pesta budaya “OANG-OANG” ini. Mudah-mudahan acara ini sukses sampai selesai,” pungkas Maranatha Padang sembari membuka tanda dimulainya pesta budaya “OANG-OANG”.

Sementara itu, di hari kedua pelaksanaan pesta budaya “Oang-Oang” itu, dengan menghadirkan Pdt. Gilbert Lumoindong dari Jakarta, pesta budaya “Oang-Oang” itu juga diwarnai dan dimeriahkan dengan acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).

Saat itu, Kamis 27 Juli 2023 tampak ribuan warga meghadiri dan memadati Lapangan Kasean Banurea Napasengkut untuk mengikuti acara siraman rohani yang dibawakan Pdt. Gilbert Lumoindong dari Jakarta.

Sedangkan di hari pertama (Rabu 26 Juli 2023, red) pelaksanaan pesta budaya “Oang-Oang” itu juga diwarnai dan dimeriahkan dengan ceramah siraman rohani yang dibawakan Ustad KH. TaufiQurahman S.Q.

Untuk diketahui, Rabu 26 Juli 2023, di Lapangan Napasengkut Salak, Pakpak Bharat, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat (Maranatha Padang) membuka pagelaran pesta budaya yakni Pesta “Oang-Oang”.

Saat itu, Bupati Pakpak Bharat (Franc Bernhard Tumanggor), Gubernur Sumatra Utara (Sumut) yang diwakili Kadis Parawisata Pemprov Sumut, DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Kapolres Pakpak Bharat Kejaksaan Negeri (Kejari) Pakpak Bharat berkesempatan hadir saat pembukaan pesta budaya itu.

Selain itu, pembukaan pesta budaya itu juga dihadiri para OPD, Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Perintah kecamatan dan Desa serta undangan dari berbagai unsur lainnya serta masyaraka Kabupaten Pakpak Bharat. (red)

Penulis : Amrinsyah Manik

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Ketika kamu sedang berjuang, yang kamu harus tahu bahwa perjuanganmu saat ini akan terbayar suatu saat nanti.”

banner 750x250
Bagikan ke :