Dilantik Presiden  Jokowi, Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI Gantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

oleh -250 views
oleh
banner 750x250

JAKARTA [satyabhaktionline.com] – Akhirnya, Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjabat Panglima TNI yang baru menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Saat itu, Rabu (17/11), di Istana Negara, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat sumpah dan melantik Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pelantikan Andika Perkasa menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 17 November 2021.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan Negara.”

Demikian penggalan sumpah jabatan yang diungkapkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagaimana yang didiktekan Presiden Jokowi.

Usai pengucapan sumpah, Presiden Jokowi menanggalkan serta  menyematkan tanda pangkat dan jabatan yang sekaligus menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

Hadir sebagai saksi saat itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Mahfud MD) serta Menteri Pertahanan (Prabowo).

Selain itu, turut hadir antara lain Ibu Negara (Iriana Joko Widodo), Wakil Presiden (Ma’ruf Amin) didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI (Megawati Soekarnoputri), Ketua DPR RI (Puan Maharani), Seskab (Pramono Anung), Wakil Menteri Luar Negeri (Mahendra Siregar), dan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Seperti diketahui sebelumnya, saat Rapat Paripurna yang digelar  Senin (08/11), DPR RI telah menyetujui Jenderal Andika Perkasa yang saat itu menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sebagai Panglima TNI menggantikan pendahulunya Marsekal Hadi Tjahjanto.

Untuk diketahui, Andika Perkasa yang lahir pada 21 Desember 1964 itu adalah lulusan dari  Akademi Militer (Akmil) tahun 1987.

Dari sepanjang karirnya di TNI AD, pada November 2013, Andika Perkasa diangkat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

Kemudian, pada Oktober 2014, Andika dipromosikan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menggantikan Mayor Jenderal (Mayjen) Doni Monardo yang selanjutnya mendapatkan kenaikan pangkat sebagai Mayjen.

Selanjutnya, pada Mei 2016, Andika diangkat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura.

Pada Januari 2018, Andika dipromosikan sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad) dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen).

Enam bulan menjabat sebagai Dankodiklatad, pada Juli 2018 Andika dimutasi menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letjen Agus Kriswanto yang selanjutnya resmi menyandang pangkat jenderal bintang 4 pada November 2018 setelah Presiden Jokowi melantiknya sebagai KSAD menggantikan Jenderal Moelyono. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Jiwa yang hebat biasanya milik mereka yang telah melalui penderitaan yang amat sangat, namun tidak mau menyerah.”

banner 750x250
Bagikan ke :