Dahulu Tempat Mengintai Musuh, Lubang Jepang Talu Kini Jadi Obyek Wisata

oleh -590 views
oleh
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – PASAMAN BARAT, SUMBAR |

Bila dahulu dikala masa penjajahan sebagai tempat mengintai musuh, kini Lubang Jepang Talu yang berlokasi di Pasaman Barat,Sumatera Barat Destinasi Wisata Baru menjadi obyek wisata bagi masyarakat,baik masyarakat setempat, maupun pendatang dari daerah lain.

Dinilai lokasinya yang sangat indah dengan ini pemandangannya ke arah Gunung Pasaman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menata situs dan cagar budaya Lubang Jepang Talu, Kecamatan Talamau itu untuk dijadikan sebagai obyek wisata bahari.

Untuk diketahui, denganh tujuan memberi fasilitas kepada para pengunjung yang singgah di lubang Jepang itu, beberapa tahun yang lalu Dinas Pariwisata Pasaman Barat telah membangun rumah lepau (tempat berjualan) dan taman yang asri didekat Lubang Jepang tersebut.

Selain bisa menikmati kuliner sate, kacang talu, dan berbagai makanan khas Talu  lainnya, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan dan udara nan sejuk yang dilingkari dengan perbukitan indah.

Tidak hanya itu saja, Lubang Jepang yang kini menjadi objek wisata itupun menjadi rest area (tempat beristirahat) bagi masyarakat yang melewati Talu menuju Simpang Ampek, atau sebaliknya dari Simpang Ampek hendak ke Lubuk Sikaping.

Di sisi lain, keberadaan objek wisata bersejarah ini, juga memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat setempat, terutama masyarakat yang mau berjualan  disediakan fasilitas rumah lepau secara gratis.

Namun, untuk sarana dan prasarana lainnya, Pemkab Pasaman Barat diharapkan segera membangun, seperti pembangunan toilet dan musholla tempat sembahyang.****

Penulis : Eddi Gultom

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

Renungan :

“Tuhan memberikan damai sejahtera ditengah-tengah badai yang melanda.”

banner 750x250
Bagikan ke :