Situasi Meluapnya Aliran Sungai  Aek Aloban, Padangsidimpuan, Aman dan Baik

oleh -151 views
oleh
Situasi Meluapnya Aliran Sungai Aek Aloban, Padangsidimpuan, Aman dan Baik
Situasi Meluapnya Aliran Sungai Aek Aloban, Padangsidimpuan, Aman dan Baik
banner 750x250
  • Personil Polres Padangsidimpuan Dan Jajaran Turun ke Lokasi Kejadian

SATYA BHAKTI ONLINE | PADANGSIDIMPUAN

Situasi meluapnya aliran Sungai  Aek Aloban yang menyebabkan tergenangnya air ke rumah-rumah warga di Desa Manegen dan Desa Goti, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan dalam keadaan aman dan baik.

Terkait itu, Kapolres Padang Sidimpuan (AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, MH menuturkan, meluapnya aliran Sungai  Aek Aloban yang menyebabkan tergenangnya air ke rumah-rumah warga tersebut terjadi Senin 31 Juli 2023 sekira pukul 23.30 WIB di Desa Manegen, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan  Desa Goti, Kecamatan  Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan.

Atas kejadian itu, dengan melibatkan  Kapolsek Batunadua (AKP Andi Gustawi), Kasat Lantas Polres Padangsidimpuan (AKP Junaidi, SH), Kanit Intelkam Polsek Batunadua, Babinkamtibmas Desa Manegen (Aipda Bambang Eka Simbolon), anggota Sat Lantas Polres Padangsidimpuan, anggota Polsek Batunadua Polres Padangsidimpuan dan BPBD Kota Padangsidimpuan, Kapolres Padangsidimpuan (AKBP Dudung Setyawan) menuturkan, para personil dari Polres Padangsidimpuan diturunkan ke lokasi kejadian.

Menurut Kapolres Padang Sidimpuan (AKBP Dudung Setyawan), Senin 31 Juli 2023 sekira pukul 23.45 WIB, Kapolsek Batunadua (AKP Andi Gustawi) beserta anggota meninjau lokasi meluapnya Sungai Aek Aloban yang menggenangi rumah-rumah warga akibat Curah Hujan yang tinggi di Desa Goti dan Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Meluapnya Aliran Sungai Aek Aloban itu ungkap AKBP Dudung Setyawan dinilai karena curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan akar pohon/rumpun bambu dan potongan kayu  terseret air yang di Aliran Aek Aloban tersumbat sehingga air meluap ke jalan umum dan rumah-rumah warga yang selanjutnya menyebabkan arus lalu lintas macet total di Desa Goti dan Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan.

Kemudian, ungkap Kapolres Padangsidimpuan itu lagi,  dengan menggunakan Alat Berat dari Pemko Padangsidimpuan, BPBD Kota Padangsidimpuan, personil Polres Padangsidimpuan di bantu oleh warga membersihkan dan mangangkat akar pohon/rumpun bambu dan potongan kayu yang tersumbat di aliran Aek Aloban.

Akhirnya, ungkap Kapolres Padangsidimpuan itu lagi, Selasa 01 Agustus 2023, sekira pukul 02.50 WIB, akar pohon/rumpun bambu dan potongan kayu dapat diangkat dari aliran sungai sehingga luapan air menjadi lancar dan arus lalulintas (lalin) dapat berjalan lancar.

Walaupun begitu, Kapolres Padangsidimpuan (AKBP Dudung Setyawan) melalui Kapolsek  Batunadua (AKP Andi Gustawi) dan instansi terkait menghimbau agar tetap waspada untuk  mengantisipasi apabila  Hujan akan kembali datang. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Menengok ke belakang itu boleh, untuk mengenang dan belajar. Tapi bukan untuk kembali.”

banner 750x250
Bagikan ke :