Dukung DSP Danau Toba, Kapolda Sumut Resmikan Gedung Polsek Parapat

oleh -202 views
oleh
Dukung DSP Danau Toba, Kapolda Sumut Resmikan Gedung Polsek Parapat
Dukung DSP Danau Toba, Kapolda Sumut Resmikan Gedung Polsek Parapat
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE | PARAPAT (SIMALUNGUN) –

Merupakan upaya mendukung Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba serta memperkuat sinergitas antara Polri dengan masyarakat, Gedung Mapolsek Parapat, diresmikan yang disempurnakan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Tokoh Agama Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk, MA dengan memohon kelancaran dan kemajuan untuk Polsek Parapat.

Saat itu, Kamis, 04 April 2024, dengan dihadiri pejabat setempat termasuk Kapolres Simalungun (AKBP Choky Sentosa Meliala, SIK, SH, MH), Danrem 022/Pantai Timur, Bupati Simalungun (Radiapoh Hasiholan Sinaga), Wakil Bupati Simalungun (H Zonny Waldi) serta tokoh agama, adat, dan masyarakat luas, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, SH, SIK, M.Si) pimpin upacara peresmian Gedung Polsek Parapat yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi).

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) menekankan, pentingnya peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat dan wisatawan, terutama di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Parapat Danau Toba.

Dengan keberadaan Mapolsek Parapat yang kini tampak megah, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) berharap dapat menjadi penyemangat bagi Kapolsek Parapat dan jajarannya untuk benar-benar mengedepankan pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat dan wisatawan.

“Ayo berikan pelayanan yang berkesan, tingkatkan pelayanan prima dengan sapta pesona, khususnya senyum yang mengumbar kepada setiap wisatawan,” tegas Kapolda yang selanjutnya kembali menekankan pentingnya penerapan problem solving yang berorientasi pada solusi aman dan damai dengan mengedepankan peradaban serta kearifan lokal masyarakat.

Dengan menggarisbawahi bahwa hukum tetap penting, namun Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) mengungkapkan, sebagai solusi terakhir, mengutamakan pelayanan yang mampu beradaptasi dengan kearifan lokal.

Mengingat posisi strategis Mapolsek Parapat yang berada di pintu gerbang masuk ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) juga menekankan bahwa hal ini menjadi kesempatan yang baik untuk memberikan pengalaman pelayanan yang prima kepada wisatawan.

Selanjutnya, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) mengungkapkan harapan agar Polsek Parapat bisa bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di Danau Toba.

Sebagai contoh, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) menyampaikan kisah seorang wisatawan Jepang dari tahun 1960-an yang berjanji untuk kembali ke Parapat setelah dewasanya (wisatawan Jepang, red).

Hal tersebut, tutur Kapolda Sumut, dikarenakan ada kesan luar biasa yang dirasakan selama kunjungan pertamanya (wisatawan Jepang, red) yang kesemuanya itu dijadikan sebagai inspirasi untuk memberikan pelayanan yang berkesan sehingga mendorong wisatawan untuk kembali mengunjungi.

Mengakhiri sambutannya, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang dengan cepat dan tanggap telah merespons kebutuhan akan pembangunan gedung baru Mapolsek Parapat serta secara signifikan akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan para wisatawan.

Sementara itu, Bupati Simalungun (Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH) dalam sambutannya menegaskan, dukungan atas terhadap pembangunan Mako Polsek Parapat itu dianggap strategis untuk mendukung kenyamanan dan keamanan destination super prioritas Danau Toba.

Usai persemian gedung Mapolsek Mapolsek Parapat, Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) beserta rombongan berkesempatan berbuka puasa bersama yang diakhiri dengan pelaksanaan Sholat Magrib, Isa, dan Tarawih berjamaah serta pembagian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, anak yatim dan 300 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Sedangkan sebelum peresmian Mapolsek Parapat, Kapolda bersama Wakapolda dan Forkopimda Simalungun meninjau Pos Pelayanan (Posyan) di depan Pantai Bebas Parapat dan Kapolsek Parapat, AKP Jonni Silalahi, beserta unsur pimpinan Kecamatan Girsang Sipangan

Adapun saat kunjungan kerjanya itu, rombongan Kapolda Sumut (Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi) yang tiba di Mako Polsek Parapat itu, disambut hangat dengan adat Simalungun serta penyematan pakaian adat kepada Kapolda Sumut dan selayar untuk Wakapolda serta para Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara.

Untuk diketahui, dengan harapan meningkatkan pengalaman positif bagi wisatawan nasional dan internasional, peresmian Mapolsek Parapat menjadi momen penting bagi Polres Simalungun dan jajaran polres untuk bersinergi dengan masyarakat dan semua pihak terkait guna mensukseskan pelayanan prima di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Parapat Danau Toba. (***)

Jurnalis : Muliada Saragih

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

Renungan :

“Bersikap sopan tidak memerlukan biaya, akan tetapi sangat berharga.”

banner 750x250
Bagikan ke :