Agar Hasil Produksi Sawit Maksimal, PTPN II Tanjung Morawa Tanam Ulang Perdana Bibit Sawit di Kebun TGPM

oleh -195 views
oleh
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – DELI SERDANG | Agar menghasilkan produksi sawit maksimal, PTPN II kembali menanam bibit sawit di Kebun Tanjung Garbus Pagar Merbau (TGPM), Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Saat itu, Sabtu (28/8) pagi, guna memaksimalkan hasil produksi sawit di Kebun TGPM itu, PTPN II  menggelar penanaman bibit sawit perdana di Blok 2, Afdeling IV, dengan luas areal 96,99 hektare.

Sementara itu. infomasinya penanaman bibit sawit di Kebun TGPM tersebut direncanakan akan dilakukan di Afdeling IV, V dan VI yang keseluruhannya seluas 507 hektare.

Terkait itu, Direktur PTPN II Tanjung Morawa, Ir .Irwan Perangin-Angin dalam sambutannya menuturkan, pengelolaan tanah/ lahan harus benar-benar di perhatikan dan di kerjakan dengan baik dan harus tetap saling komunikasi, saling membantu di semua bidang.

“Kita harus seiring dan jangan berjalan sendiri-sendiri. Loyalitas kita untuk satu tujuan yang sama mengutamakan kepentingan karyawan dan perusahaan tetap harus bisa beradaptasi dengan lainnya sehingga keberhasilan dapat tercapai semaksimal mungkin , antara pimpinan, karyawan dan warga sekitar atau dengan instansi lainnya seperti kepolisian dan tetap juga dilakukan komunikasi yang baik hingga terjalin kolaborasi yang baik pula,” ungkap Ir .Irwan Perangin-angin.

Terkait intevsive kinerja, Ir .Irwan Perangin-angin mengungkapkan, sudah lebih dari 20 tahun, karyawan tidak pernah menerimanya bonus.

Namun, tegas Direktur PTPN II Tanjung Morawa Ir .Irwan Perangin-angin, kini PTPN II Tanjung Morawa sudah memberikan bonus dan karyawan sudah menerima intensive kinerja, walaupun baru setengahnya.

Dalam hal ini, Ir .Irwan Perangin-angin juga mengungkapkan, hingga tahun ini (2021, red), keuntungan PTPN II Tanjung Morawa sangat bagus dengan keuntungan mencapai diatas Rp.180 milyar lebih.

Hal ini, menurut Ir .Irwan Perangin-angin, perekonomian sudah mulai membaik semuanya karena hasil kinerja.

“Kita semua semoga kedepannya akan lebih baik lagi dan menginginkan PTPN II Tanjung Morawa jangan menjadi Volewer saja tetapi harus menjadi ledder – panutan untuk menjadikan perkebunan. BUMN yang lebih jaya, pungkas Ir .Irwan Perangin-angin.

Sebelumnya, Mahdian Tri Wahyudi dalam sambutannya mengatakan untuk penanaman bibit kelapa sawit ini sangat berkualitas, bahkan umur bibitpun sudah 16 bulan. “Kami beserta jajaran mempunyai target dua tahun setengah hingga 3 tahun, sawit sudah berbuah. Saya yakin produksi kedepan makin baik dan prima.”

Sementara Manajer Kebun TGPM Irfan Husni mengatakan, mudah mudahan pelaksanaan Tanam Ulang (TU) sawit lancar dan produksi sawit meningkat. Penanaman bibit sawit (TU) ini diperkirakan selesai akhir bulan September 2021.

Dalam hal ini, Ir. Mahdian Tri Wahyudi mengungkapkan, pihaknya beserta jajaran mempunyai target dua hingga tiga tahun kedepan, pohon kelapa sawit akan menghasilkan buah dan produksi kedepan akan lebih baik lagi serta semakin bermutu.

Sedangkan Mulianta Sitepu dalam kesempatan itu mengatakan, budaya kerja keras dan kerja sama harus diutamakan, maka hasil produksi sawit naik dan seluruh tanaman harus dirawat dan dijaga agar hasilnya maksimal.

“Pemupukan dan penyiangan jangan terlambat harus tepat waktu. Mudah-mudahan target hasil panen dapat sampai 20 ton per hektare. Diketahui bahwa sekarang ini harga sawit naik. Jika harga produksi naik, maka yang menikmati hasilnya kita semua, seluruh karyawan,” katanya.

Pantauan dilapangan, acara penanaman perdana itu diawali pembacaan doa oleh Ustadz Awaluddin SAg dan pemotongan nasi tumpeng.

Selanjutnya, Direktur PTPN II Tanjung Morawa memberikan nasi tumpeng kepada Ketua SPP PTPN II Mahdian Tri Wahyudi, para menejer dan karyawan serta IKBI.

Usai pemotongan dan pemberian nasi tumpeng, dilanjutkan pemberian santunan kepada delapan puluh anak yatim yang ada disekitar Kebun TGPM oleh Direktur PTPN II Irwan Perangin-angin didampingi SEVP Bussinnes Support Syahriadi Siregar, SEVP Operation RM Mulianta Sitepu yang diikuti General Menejar Distrik Rayon Selatan (DRN), Ir Mahdian Tri Wahyudi serta Manejer Kebun TGPM Irfan Husni, Askep Fachrunizar Irsan serta seluruh menejer se-Distrik Rayon Selatan.

Dalam acara penanaman perdana TU tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) agar terhindar dari bahaya Covid-19.

Hadir para Kepala Bagian, di antaranya, Kabag Sekretariat Heny Mailena Siregar, Kabag SPI Hadi Syahputra, Kabag Tanaman Arota G Telaumbanua, Kabag Tehnik dan Pengolahan Dedy Gurning, Kabag Keuangan dan Akutansi Imam Wahdan, Kabag SDM MT Siagian, Kabag Pengadaan dan Umum Toto P Ginting, Menejer Distrik Rayon Selatan (Ketua SPP PTPN2) Mahdian Triwahyudi bersama anggota dan Kasubbag Humas PTPN2 Priyo Wicaksono, Askep dan Asisten, Muspika Pagar Merbau, utusan Yon 121, serta tokoh agama. (SBO-48)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Pengetahuan adalah koleksi fakta. Hikmah mengetahui bagaimana cara menerapkan pengetahuan itu.”

banner 750x250
Bagikan ke :