5 Rumah Ludes Terbakar Pada Dua Musibah Kebakaran di Taput

oleh -361 views
oleh
banner 950x300

SATYA BHAKTI ONLINE – TAPUT | Selang beberapa jam lamanya, dua musibah kebakaran terjadi di Tarutung.

Akbatnya, 5 unit rumah hangus terbakar.

Terkait itu, Minggu (4/4/21) kepada sejumlah wartawan, Kapolres Tapanuli Utara (Taput) melalui Kasubbag Humas, Aiptu W. Baringbing membenarkan kejadian itu.

Menurut Aiptu W. Baringbing, kebakaran itu terjadi Sabtu (3/4/21) sekira pukul 22.00 WIB di Jalan Marhusa Panggabean, Dusun I, Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput.

Sedangkan Minggu (4/4/21) sekira pukul 05.00 wib, Aiptu W Baringbing, kebakaran kembali terjadi di Jalan Op. Lalo Lumbantobing. Kelurahan Hutatoruan VII, Kecamatan Tarutung, Taput.

Saat kejadian kebakaran yang pertama, dua unit rumah milik  Daspor Sitompul (80) dan Jappi Sitompul (65) yang keduanya warga Jl. Marhusa Panggabean, Dusun I Lumban Dolok, Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput, hangus terbakar.

Adapun kejadian kebakaran itu, tutur Aiptu W Baringbing, pertama kali disaksikan Hot Marudut Sitompul (39) warga setempat yang saat itu berbincang-bincang di rumah kepala desa setempat dan melihat api berasal dari rumah Daspor Sitompul yang saat itu  kosong karena pergi kerumah anak yang selanjutnya api merembes kerumah Jappi Sitompul.

Melihat itu, saksi Hot Marudut Sitompul berteriak minta tolong kepada warga lain sambil membunyikan lonceng gereja pertanda adanya kejadian.

Mendengar lonceng gerja itu, Jappi Sitompul langsung keluar rumah dan melihat rumah yang berada disamping rumahnya itu terbakar.

Selanjutnya, Jappi Sitompul membangunkan istri dan anak-anaknya yang saat itu sedang tidur.

Kemudian, bersama-sama dengan warga sekitar, Jappi Sitompul bersama anak dan istrinya mengeluarkan barang-barangnya sambil berusaha memadamkan api.

Apipun dapat dipadamkan setelah sekira satu jam kemudian mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba ke lokasi dan memadamkan api.

Untungnya, saat kejadian kebakaran itu, tidak menelan korban jiwa.

Sementara itu, lanjut Aiptu W Baringbing, saat kejadian kebakaran yang kedua, tiga unit rumah ludes terbakar.

Adapun ketiga rumah yang ludes terbakar itu milik Hendra Tarihoran (39), Hari Matondang (53) dan Edi Matondang (45) yang kesemuanya warga Jalan Op. Lalo Lumbantobing, Kelurahan Hutatoruan VII, Kecamatan Tarutung, Taput.

Adapun kebakaran itu, tutur Aiptu W Baringbing berasal api dari rumah Hendra Tarihoran yang selanjutnya merembes ke dua rumah yang lain.

Saat kejadian itu, tutur Aiptu W Baringbing, pemilik rumah masih sedang tidur.

Desangkan yang pertama kali melihat kebakaran itu, tutur Aiptu W Baringbing adalah Rosima Br .Sianturi (56) yang saat itu mau pergi beribadah ke gereja yang dalam hal ini melihat api di atas rumah Hendra Tarihoran dan langsung menjerit meminta tolong.

Mendengar jeritan minta tolong itu, Aiptu W Baringbing menuturkan pemilik rumahpun terbangun dan keluar  menyelamat kan diri, serta tetangga pun berdatangan membantu ketiga keluarga korban.

Selanjutnya, api dapat dipadamkan setelah dua jam kemudian mobil damkar  tiba di lokasi kejadian dan memadamkan api,

Untuk menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, Aiptu W Baringbing mengungkapkan, kini team inafis sedang melakukan olah TKP .

Walupun tidak menelan korban jiwa, namun kebakaran itu mengakibatkan kerugian materiil yang diperkirakan sekira Rp. 600 juta. (SB20/ARS)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

banner 950x300 banner 950x300
Bagikan ke :