Kapolri Dan Panglima TNI Kunker ke Medan Tinjau Pelaksanaan Pencapaian Vaksinasi

oleh -166 views
oleh
banner 750x250

Kapolda Sumut : Kasus Covid-19 Di Sumut Turun, Masyarakat Jangan Abai Dengan Prokes

  • Capaian Vaksinasi Di Sumut 76,70 %

  • Capaian Vaksinasi Di 16 Kabupaten/Kota di bawah 40 %

MEDAN | (satyabhaktionline.com) Kasus Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami penurunan.

Walaupun kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, masyarakat tidak boleh lengah dan prokes harus tetap dijalankan.

Demikian diungkapkan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat dirinya bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, serta pejabat lainnya mendamping Kapolri (Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo) bersama Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kota Medan.

Saat itu, Rabu (3/11), dalam kunker Kapolri dan Panglima meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Kota Medan, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menghimbau agar masyarakat jangan abai dengan penurunan Covid-19 itu.

“Kita harus terus waspada dan tetap menerapkan 5 M, Operasi Yustisi akan terus kita gelar bersama TNI Polri dan satgas terkait.” himbau Kapolda Sumut itu.

Sementara itu, kepada masyarakat Sumut, Kapolda Sumut mengimbau agar terus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Untuk diketahui, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, hingga saat ini, dalam pencapaian program vaksinasi, diketahui Sumut mencapai 77,70 % dengan rincian, untuk dosis I mencapai 47.37 % yang dalam hal ini sebanyak  5.409.845 dosis.

Sedangkan untuk dosis II, Sumut mencapai 29,33% yang dalam hal ini sebanyak 3.349.898 dosis.

Dalam hal ini, dari seluruh kabupaten/kota di Sumut yang mengelar program vaksinasi, diketahui sebanyak 16 kabupaten/kota di Sumut dalam pencapaian vaksinasi itu masih mencapai dibawah 40%.

Adapun kabupaten/kota yang masih dibawah 40% dalam pencapaian vaksinasi itu adalah, Kota Tanjungbalai, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kabupaten Padanglawas, Kabupaten Langkat, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Nias Utara.

Sementara itu, adapun vaksinasi massal yang digelar di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Kota Medan itu menargetkan sebanyak 47.200 orang yang digelar selama 2 hari di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumut.

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengungkapkan, adapun kedatangannya bersama Panglima TNI ke Sumut itu dalam ranka untuk mengejar capaian vaksinasi Covid-19.

“Diharapkan diakhir November nanti capaian vaksinasi sudah 50 persen dan diakhir Desember sudah 70 persen. Diharapkan dengan capaian vaksinasi masyarakat sudah memiliki kekebalan tubuh menghadapi Natal dan Tahun Baru,” pungkas Kapolri.

Sementara itu, Panglima TNI, Jenderal Hadi Tjahjanto mengingatkan Pemprov Sumut untuk mewaspadai daerah-daerah yang saat ini mengalami peningkatan kasus Covid-19.

Menurut Panglima TNI itu, walau tidak signifikan, secara nasional ada 131 Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus, antara lain Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Nisel.

Dalam hal ini, Panglima TNI itu menilai, kenaikan sekecil apapun perlu diwaspadai untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

“Waspadai kenaikan sekecil apapun. Lihat mengapa terjadi dan segera atasi. Kita tidak ingin kejadian beberapa bulan lalu terjadi lagi apalagi sampai ke gelombang ketiga karena sangat menyulitkan mengatasinya. Perkuat tracing agar kita mendapatkan data akurat perkembangan kasus di daerah kita,” tegas Panglima TNI, Jenderal Hadi Tjahjanto. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Gelak tawa adalah obat untuk hati”

banner 750x250
Bagikan ke :