Kades Tamora-B Belum Hafal Nama dan Gelar Perangkat Desanya?

oleh -230 views
oleh
banner 750x250

SBO | TANJUNG MORAWA (DELI SERDANG) – Ternyata, untuk mendapatkan informasi soal nama-nama berikut jabatan pada perangkat Desa Tanjung Morawa (Tamora) – B, tidaklah segampang yang diduga.

Padahal, informasi tersebut merupakan informasi publik yang dalam hal ini publik wajib tahu.

Herannya lagi, saat awak media ini meminta informasi soal nama-nama berikut jabatan pada perangkat Desa Tamora – B itu, Nazarianti yang kini menjabat Kepala Desa (Kades) Tamora –B tidak hafal nama-nama berikut gelar (jabatan, red) para perangkat desanya.

Hal tersebut terungkap saat awak media ini mengkonfirmasi nama-nama berikut jabatannya pada Perangkat Desa Tamora-B.

Namun sebelumnya, melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa 21 Maret 2023 sekira pukul 19.27 WIB, Kades Nazarianti mengklarifikasi kesalahan berita sebelumnya pada median online ini yang berjudul,  “Dikabarkan, Akan Mem-perempuan-kan Perangkat Desanya, Kades Tanjung Morawa-B Kembali Jadi Sorotan,”

Dalam klarifikasinya atas pemberitaan itu, Kades Nazarianti membantah bahwa kadus di Dusun 3 Desa Tamora-B itu dijabat rangkap oleh Kadus 2 yakni, Pak Amir.

Menurut mantan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tamora-B yang kini menjadi Kades Tamora-B itu, masyarakat tidak bisa menjabat Pelaksana Tugas (Plt).

“Plt itu, bersumber dari perangkat di wilayahnya. Kalau tidak ada, bisa diangkat dari perangkat lain,” tutur Kades Nazarianti.

Namun, saat awak media ini meminta informasi nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya, Kades Nazarianti terkesan menolak dengan alasan menunggu nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya itu, sempurna.

“Belum Pak, kalau sekarang. Kalau mau info itu, nanti aja tunggu sempurna,” ungkap Kades Nazarianti menjawab permintaan awal media ini soal infomasi seluruh nama-nama pertugas yang menjadi perangkat desa di Desa Tamora-B.

Walaupun begitu,awak media ini tetap meminta agar Kades Nazarianti dapat menginformasikan nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya dengan kondisi saat ini.

“Nggak apa-apa Bu…. Kita mau kondisi dan nama-nama yang saat ini, bukan nama-nama yang akan datang,. Demikian, Bu…,” ungkap awak media ini kepada Kades Nazarianti melalui pesan WA.

Sayangnya, pesan WA tersebut, terputus dan Kades Nazarianti tidak menjawab pesan WA tersebut.

Selanjutnya, keesokan harinya (Rabu 22 Maret 2022, red) melalui pesan WA, awak media ini kembali meminta infomasi soal nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya itu.

Namun, lagi-lagi Kades Tamora-B itu terkesan menolak dengan alasan repot.

“Izin ya, Pak… Lagi Repot. Persiapan Ramadhan. Membersihkan diri dan hati, ungkap Kades Nazarianti melalui pesan WA, Rabu 22 Maret 2023 sekira pukul 08.50 WIB.

Selanjutnya, dikarenakan alasan yang repot itu, awak media ini memohon Kades Nazarianti agar diwakilkan kepada staffnya (Kades Tamora-B, red) seperti Kaur atau Kasi.

“Mohon pengertiannya Pak. Semua sedang persiapan ramadhan. Faham kan Pak. Sekali lagi, mohon maaf, ungkap Kades Nazarianti.

Selanjutnya, awak media ini kemabli bertanya, “ Ijin, apakah dengan persiapan Ramadhan ini, Ibu (Kades Nazarianti, red) tidak bisa dikonfirmasi dan diklarifikasi?

Menjawab itu, Kades Nazarianti menuturkan, “Kalau masalah data akurat, tidak bisa sembarangan Pak. Kalau sampai ada yang salah, kan susah.”

Merasa aneh dengan ungkapan Kades Nazarianti yang dinilai bahwa infomasi soal nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya itu merupakan data akurat yang tidak bisa sembarangan itu, awak media itu menjelaskan, “Maaf Bu, Untuk nama-nama perangkat Desa, bukanlah bersifat rahasia dan itu wajib diketahui publik.”

Akhirnya, setelah melalui proses yang berliku-liku, selanjutnya, dengan mengaku tidak ada yang mau dirahasiakan, Kades Nazarinati menegaskan dirinya akan memberikan infomasi soal nama-nama Perangkat Desa Tamora-B berikut jabatannya itu.

Sementara itu, menanggapi sikap Kades Nazarianti yang terkesan berliku-liku dalam memberikan informasi soal nama-nama berikut jabatannya pada Perangkat Desa yang dipimpinnya (Kades Nazarianti, red) itu, seorang pejabat Kepala Desa (Kades) yang tidak ingin namanya disebutkan itu mengaku heran atas sikap Kades Nazarianti itu.

Terkait kelupaan atau tidak tahu atau tidak hafal dengan nama-nama berikut jabatan perangkat desa, sebagaimana yang diungkapkan Kades Nazarinati itu, Kades tersebut mengaku, hal tersebut tidaklah mungkin.

“Mana mungkin seorang Kades tidak tahu atau lupa atau tidak hafal dengan nama-nama dan jabatan perangkat desanya. Memangnya, berapa banyak perangkat desa itu?,” ungkap Kades yang tidak ingin namanya disebutkan itu.

Selanjutnya, dengan melihat sikap Kades Nazarianti yang berliku-liku dalam hal memberi informasi soal nama-nama dan jabatan perangkat desanya, Kades tersebut menilai dan menduga ada sesuatu yang ditutupi.

Selain itu, Kades tersebut menilai sikap Kades Nazarianti yang berliku-liku dalam hal memberi informasi soal nama-nama dan jabatan perangkat desanya itu, merupakan sikap ke-ego-an Kades Nazarianti yang menganggap konfirmasi wartawan itu tidak berkompeten.

Mengakhiri uraiannya itu, Kades tersebut menegaskan, informasi soal nama-nama dan jabatan perangkat desanya itu merupakan informasi publik yang dalam hal ini, setiap Kades termasuk Kades Nazarianti harus mempublikasikannya. (RED)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Ketenaran jangan disamakan dengan keberhasilan.”

banner 750x250
Bagikan ke :