Hampir Satu Tahun Berlalu, Jalan Penghubung Antar Kecamatan Di Deli Serdang, Masih Terputus

oleh -201 views
oleh
Foto : Hampir Satu Tahun Berlalu, Jalan Penghubung Antar Kecamatan Di Deli Serdang, Masih Terputus
banner 750x250

Alasan Tidak Punya Dana, Pemerintah dan Instansi Terkait Kabupaten Deli Serdang, “Mandul”

Satya Bhakti Online | DELI SERDANG – 

Sudah hampir satu tahun berlalu, jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), hingga kini masih terputus akibat longsor.

Ironisnya, dengan alasan tidak punya dana untuk perbaikan dan pembangunan jalan, Pemerintah dan instansi terkait Kabupaten Deli Serdang, tidak dapat berbuat apa-apa alias “mandul”.

Akibatnya, kerusakan yang dalam hal ini longsornya jalan penghubung antar kecamatan, tepatnya di Dusun Pintu Besi, Desa Lau Rakit, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumut itu, semakin parah.

Selain itu, beberapa warga terpaksa meninggalkan rumah tempat tinggalnya, karena rumah yang ditempatinya itu, sudah nyaris longsor.

Ironisnya, Pemerintah dan instansi terkait Kabupaten Deli Serdang juga terkesan “tutup mata dan telinga” dengan kondisi warga yang terdampak atas longsornya jalan tersebut, seperti melakukan aktivitas yang hingga kini hampir satu tahun lamanya itu, terganggu melintas di jalan tersebut, khususnya untuk mencari kehidupan yang merupakan matapencahariannya (warga, red).

Demikian pantauan dan penelusuran Tim Jurnalis Satya Bhakti Online (Ilhamsyah Damanik dan Ahmad Batu Batubara) di lokasi jalan penghubung antar kecamatan yang longsor itu.

Saat itu, Sabtu 3 Desember 2022, kepada Tim Jurnalis Satya Bhakti Online di Desa Laurakit, Dusun 1 Pintu Besi, Kecamatan STM Hilir (Talun Kenas), Kabupaten Deli Serdang, salah seorang warga mengungkapkan, selain memutus akses jalan antar kecamatan, longsornya jalan tersebut juga memutus akses jalan antar dusun dan antar desa di Kecamatan STM Hilir, Kabupateb Deli Serdang.

Adapun akses jalan antar dusun yang terputus akibat longsor jalan tersebut, ungkap warga tersebut, diantaranya Dusun 1 Titibesi, Dusun 2 Laurakit dan Dusun 3 Rambung.

“Sedangkan akses jalan antar desa yang dalam hal ini akses jalan penghubung Desa Kuta Baru juga terputus, ungkap warga itu.

Menurut warga itu, sudah banyak dari berbagai pihak, termasuk pihak Kecamatan dan Dinas PU Deli Serdang yang datang meninjau dan mengambil foto kondisi longsornya jalan penghubung antar kecamatan, tepatnya di Dusun Pintu Besi, Desa Lau Rakit, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumut itu.

Namun, tegas warga itu, hingga kini sudah hampir satu tahun lamanya, Pemerintah dan instansi terkait Kabupaten Deli Serdang tidak ada berbuat apa-apa untuk memperbaiki longsornya jalan penghubung antar kecamatan itu.

Padahal, ungkap warga itu lagi, pihak PU Kabupaten Deli Serdang sudah mengatakan akan segera memperbaiki kondisi jalan yang longsor itu.

Namun, ungkap warga itu lagi, pihak PU Kabupaten Deli Serdang kembali mengatakan, tidak dapat memperbaiki atau membangun jalan yang longsor itu, karena Pemkab Deli Serdang tidak ada dana (uang, red).

Saat ditanya soal bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak atas longsornya jalan itu, dengan mengaku tidak tahu apa maksud tujuan, warga tersebut mengungkapkan, hingga kini, dirinya hanya satu kali menerima uang yang jumlahnya sekira Rp.1.500.000 dari pihak Pemerintah Desa Laurakit.

Mengahiri uraiannya itu, kepada Pemkab Deli Serdang melalui instansi terkait, warga meminta agar jalan nyang longsor tersebut segera diperbaiki agar aktivitas warga, khususnya mencari kehidupan yang dalam hal ini merupakan matapencaharian itu, tidak terganggu. ***

Jurnalis : Ilhamsyah Damanik dan Ahmad Batubara

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Jika kita percaya akan sesuatu yang tidak terlihat, imbalan yang kita terima akan jauh lebih besar daripada apa yang kita bayangkan.”

banner 750x250
Bagikan ke :