Banjir, Masih Menghantui Masyarakat Kelurahan Beringin, Medan

oleh -201 views
oleh
banner 750x250

SATYA BHAKTI ONLINE – Medan | Hingga kini, banjir masih menghantui masyarakat Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

Ironisnya, ketakutan akan banjir yang dialami warga itu, tidak hanya disaat hujan turun.

Dalam hal ini, walaupun cuaca di daerah tersebut tidak hujan, warga tetap saja kebanjiran.

Demikian diungkapkan, M Tarigan (84) warga Lingkungan V, Kelurahan Beringin didampingi Lurah Beringin, Nas Hamongan Ritonga, SH kepada SATYA BHAKTI ONLINE, Rabu (14/4/21) di Kantor Lurah Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

Menurut M Tarigan yang diketahui seorang tokoh masyarakat setempat itu, ketakutan warga akan banjir tersebut di akibat meluapnya air sungai  atau banjir kiriman dari  hulu dan kondisi Sungai Babura yang berada di kawasan mereka tinggal itu, kini semakin dangkal.

Terkait keberadaan Sungai Babura itu, Lurah Beringin, Nas Hamongan Ritonga menambahkan, aliran sungai Babura itu melintasi Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang yang dalam hal ini berbatasan dengan Kecamatan Medan Baru dan Medan Polonia.

Ironisnya, Lurah Nas Hamongan Ritonga, di sekitar perlintasan aliran Sungai Babura itu, masih terdapat pemukiman warga yang letaknya sangat rendah dari permukaan perlintasan Sungai Babura itu.

Terkait banjir, Lurah Nas Hamongan Ritonga memperkirakan, sudah 6 kali warga Kelurahan Beringin dilanda banjir sepanjang Januari 2021 hingga kini (April 2021, red).

Dengan mengharapkan tidak terlebih dahulu ada korban jiwa, Lurah Nas Hamongan Ritonga meminta instansi terkait untuk tidak tutup mata dan telinga.

Untuk diketahui, keluhan warga itu juga diungkapkan seorang warga Kelurahan Beringin, Mangadu Sihombing kepada Ketua  DPRD Kota Medan Henry  Jhon Hutagalung, (F-PDI Perjuangan) Dapil Medan 2 saat menggelar kegiatan reses di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, beberapa tahun lalu.

Saat itu, Henry Jhon memahami keluhan warga tersebut dan akan membahasnya di internal partai dan menyampaikannya kepada kader PDI Perjuangan yang duduk di DPR RI yakni dr Sofyan Tan dan H Irmadi Lubis yang duduk dari Pemilihan Sumut 1.

Namun, hingga kini pemerintah melalui instansi terkait dinilai masih tutup mata dan telinga atas musibah dan ketakutan warga akan banjir itu. (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

banner 750x250
Bagikan ke :