Langgar Kode Etik Profesi Polri, 28 Personel Polda Sumut di PTDH

oleh -216 views
oleh
banner 750x250
  • 4 Kapolres Jajaran Polda Sumut Sertijab

MEDAN [SATYABHAKTIONLINE.COM] – Karena melakukan pelanggaran kode etik profesi Polri, sebanyak 28 personel Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi diberikan tindakan tegas berupa pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH).

Saat itu, Rabu (22/12) sore di Aula Tribrata Mapolda Sumut, PTDH atas ke-28 personil Polda Sumut itu digelar dalam upacara yang dipimpin langsung Kapolda Sumut (Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak).

Menurut Kapolda Sumut (Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak),ke-28 personil Polri yang di PTDH itu, karena melakukan pelanggaran kode etik berdasarkan fakta dan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Dalam hal ini, Kapolda sumut  membeberkan, 19 orang dari 28 yang di PTDH, masing-masing terkait tindak pidana narkotika, disersi dan pidana umum lainnya termasuk pencabulan.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri tidak boleh main-main dengan narkotika. Dan ini adalah yang terkait dengan jaringan, sebagaimana kasus di Tanjung Balai 10 orang,” ungkap Kapolda Sumut kepada wartawan.

Lebih lanjut Kapolda Sumut menjelaskan, PTDH yang dilakukan ini adalah terkait kode etik profesi Polri yang terbukti melakukan pelanggaran akan mendapatkan tiga hukuman sesuai Undang-Undang berupa hukuman disiplin, kode etik dan pidana.

“Makanya anggota Polri yang melakukan pelanggaran saya ingatkan hati-hati. Karena tiga aturan akan diterapkan kepada dia,” tegas Kapolda Sumut.

Terkait ke-28 personel yang di PTDH tersebut, Kapolda Sumut mengungkapkan, sejauh ini, dari 28 personel yang di PTDH tersebut, sebagiannya sudah ada yang selesai proses pidananya dan sebagian lain masih berproses.

Dalam upacara ini, ungkap Kapolda Sumut lagi, hanya dua personel yang menghadiri upacara pemberhentiannya.

“Yang jelas surat keputusannya sudah ada. Saya harap, keputusan ini dapat menjadi pembelajaran kepada anggota saya semuanya dan sebagai bentuk akuntabilitas saya kepada masyarakat,” pungkas Kapolda Sumut.

 

  • 4 Kapolres Jajaran Polda Sumut Sertijab

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sumut (Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak) mengungkapkan, telah dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) empat pejabat Kapolres jajaran Polda Sumut yang dalam hal ini sesuai telegram Kapolri.

Adapun ke-4 pejabat Kapolres itu yakni, Kapolresta Deliserdang yang dalam hal ini dari Kombes Pol Yemi Mandagi kepada AKBP Irsan Sinuhaji.

Kapolres Madina, dari AKBP Horas Tua Silalahi kepada AKBP M Reza Chairul.

Kapolres Karo, dari AKBP Yustisio Setyo kepada AKBP Roni Nicholas Sidabutar dan Kapolres Humbahas, dari AKBP Roni Nicholas Sidabutar kepada AKBP Akhmad Muhaimin.

“Karena ini mau operasi lilin makanya sudah waktunya dilakukan sertijab. Sebab Kapolres sebagai pengendali di lapangan,” pungkas Kapolda (Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak). (red)

Editor/Publish : Antonius Sitanggang

 

Renungan :

“Kasih Tuhan lebih konstan daripada kasih yang manapun juga.”

banner 750x250
Bagikan ke :